[Mitos atau Fakta ? (HOAX or Not)]
anonim
Apakah benar jika kita mengonsumsi daging-dagingan tidak boleh dibarengi dengan minum teh/kopi? Tapi, banyak orangtua jaman dulu bilang bahwa mnum teh stlah makan daging untuk menetralkan kolesterol dlm daging. Apakah itu benar?
23:20 25/01/2021
Aprilia Ayu Sholihati Nafisah, S.Gz. ahligizi
Hai Kak, terima kasih sudah bertanya melalui aplikasi Dietducate. Tidak disarankan untuk minum teh atau kopi saat mengkonsumsi daging ya. Hal ini dikarenakan pada teh dan kopi terdapat senyawa bernama tanin yang dapat menghambat penyerapan zat besi yang memang tinggi kandungannya di dalam daging. Sebenarnya senyawa tanin dalam teh atau kopi ini mempunyai manfaat lain, misalnya sebagai antioksidan, namun ketika bertemu dengan zat besi, tanin akan mengikat zat besi tersebut sehingga sulit terserap dalam tubuh. Saran saya, jika mengkonsumsi daging, boleh meminum es jeruk atau jus jeruk yang mengandung vitamin C, karena vitamin C ini dapat membantu penyerapan dari zat besi. Jika ingin mengkonsumsi teh atau kopi, bisa diminum di antara waktu makan utama (jeda 1-2 jam). Untuk menurunkan kolesterol, dapat mengkonsumsi lebih banyak sayur dan buah. Demikian penjelasannya Kak, semoga dapat membantu. Sehat selalu :)
20:28 23/02/2021
anonim
Baik kak terimakasih banyak. Sangat membantu 🥰
00:01 26/02/2021
Sama-sama Kak, jangan sungkan untuk bertanya kepada kami apabila ada hal lain terkait gizi yang ingin ditanyakan ❤️
08:43 26/02/2021