[Diet Asam Urat]
anonim
Apakah makanan pantangan untuk orang asam urat?
00:01 26/01/2021
Terimakasih sudah bertanya di dieteducate. Untuk seseorang yg sakit asam urat bisa dilakukan dengan diet purin rendah. Purin adalah hasil dari metabolisme protein yg dpt membentuk kristal asam urat dan dapat menumpuk pada sendi-sendi tangan serta ginjal/saluran kencing.
08:16 26/01/2021
Bahan makanan yg diperbolehkan, dibatasi dan dihindari adalah:
1. Bahan makanan yg diperbolehkan:
Sumber karbohidrata ada nasi, bubur, ubi, singkong, jagung, roti, mie, bihun, talas
Sumber protein bisa dari hewani yaitu telur, susu skim/susu rendah lemak.
Untuk sayuran: wortel, labu siam, kacang panjang, terong, pare, oyong, timun, labu air, selada air, tomat, selada, lobak
Untuk buah bisa konsumsi segala macam buah.
08:25 26/01/2021
2. Makanan yg dibatasi:
Untuk sumber protein hewani: daging, ayam, ikan tongkol, tenggiri, bawal, bandeng, kerang, udang dibatasi maksimal 50gram/hari.
Untuk sumber protein nabati: tempe, tahu maksimum 50gram/hari dan kacang-kacangan (kacang hijau, tanah, kedelai) paling banyak 25 gram/hari.
Untuk sayur yg dibatasi: bayam, buncis, daun/biji melinjo, kapri, kacang polong, kembang kol, asparagus, kangkung, jamur maksimum 100 gram/hari
Batasi juga konsumsi teh kental atau kopi
Dan batasi juga konsumsi makanan berlemak dan penggunaan santal kental serta makanan yg digoreng
08:33 26/01/2021
Untuk makanan yg dihindari adalah makanan yg mengandung purin tinggi. Kadar purin antara 150-800mg/100gram: hati, ginjal, jantung, limpa, ham, sosis, babat, usus, paru, sarden, kaldu, daging bebek, burung, angsa, remis dan ragi
Minuman yg mengandung soda dan alkohol
08:55 26/01/2021