[Diet Maag (Gastritis)]
Rafikah Febiyanti
Dok bagaimana cara menurunkan berat badan jika mempunyai penyakit asam lambung ?
20:33 27/01/2021
Hallo Kak Rafikah,,, Terimakasih Sudah Bertanya Di Dietducate:
1. Pilih makanan yang tepat > Bagi Kakak yang punya sakit Asam Lambung/Maag tapi ingin diet, Kakak harus pintar memilih jenis makanan yang aman untuk asam lambung sekaligus tidak membuat berat badan naik. Kunci utamanya adalah memilih makanan yang mengandung rendah kalori dan lemak, tapi tinggi protein. Contohnya yaitu ikan, daging ayam tanpa kulit, daging sapi tanpa gajih, dan telur ayam bagian putihnya saja.
Perhatikan juga asupan karbohidrat harian Kakak. Karbohidrat yang terlalu banyak tak hanya membuat berat badan Kakak cepat naik, tapi juga memperparah gejala asam lambung. Apalagi jika karbohidrat ini berasal dari makanan olahan seperti kue, donat, atau roti.
Sebagai solusinya, ganti dengan asupan karbohidrat dari buah-buahan segar, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Atau pilih sumber karbohidrat kompleks dengan kandungan serat yang tinggi, seperti nasi merah dan roti gandum.
Makanan ini dapat membantu mengendalikan berat badan Kakak sekaligus meringankan gejala maag/Asam Lambung yang mengganggu.
2. Atur porsinya > Ikuti panduan “makan sedikit tapi sering lebih baik daripada porsi besar dalam sekali makan”. Bila Kakak terbiasa makan 3 kali sehari dalam porsi banyak, sebaiknya bagi ke dalam 5-6 porsi kecil.
3. Olahraga Rutin > Sebaiknya, mulailah dengan olahraga yang ringan seperti berjalan, jogging, yoga, atau berenang. Lakukan setidaknya selama 30 menit minimal 3 kali seminggu. Setelah itu, perhatikan reaksi tubuh Kakak. Jika gejala maag tidak kambuh, maka Kakak baru boleh mencoba jenis olahraga lainnya yang lebih berat.
Jadi, ulasan ini mematahkan mitos bahwa orang yang punya sakit maag tidak boleh diet sama sekali. Ingat, diet boleh saja dilakukan asalkan caranya tepat.
09:40 05/02/2022