[Lainnya......]
anonim
Pola makan seperti apa yang baiknya diterapkan oleh penderita diabetes, kolesterol, dan juga hipertensi? Dan bahan pangan apa yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita ketiga penyakit tersebut? Terimakasih.
16:41 31/01/2021
Agung Dirgantara Namangboling, M.Gz.,Dietisien.,AIFO ahligizi
Hallo, terima kasih sudah bertanya di AhliGiziID.
Menurunkan gula darah dengan mengkonsumsi makanan sumber karbohidrat kompleks, mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah, meningkatkan aktifitas fisik secukupnya.
Untuk kolesterol total normal adalah <200 mg/dl dengan HDL >40 mg/d; dan LDL <130 mg/dl.
Mengkonsumsi berlebihan makanan yang mengandung kolesterol tinggi tidak dianjurkan karena akan berisiko terhadap beberapa penyakit seperti dislipidemia, hiperlipidemia, hiperkolesterol, penyempitan pembuluh darah, serangan jantung, hipertensi, stroke dll. Selain mengganti jenis minya dengan minyak diet, penggunaan bahan makanan yang kandungan kolesterol tinggi juga harus dibatasi.
Lebih banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung fitosterol
Jenis makanan dengan adanya kandungan fitosterol seperti alpukat, ikan tuna, minyak zaitun, sayuran hijau, oat, kacang tanah, kacang merah, kakao.
Makanan yang perlu dihindari bagi penderita hipertensi adalah makanan dengan kandungan natrium yang tinggi, makanan dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi.
Hindari mengkonsumsi makanan cepat saji, atau makanan dalam kemasan dengan bahan pengawet, minuman dalam kemasan dengan bahan pengawet, asinan, ikan asin, jeroan, daging berlemak, gorengan, seafood.Semoga sehat selalu 😊
13:17 05/02/2022