[Diet Maag (Gastritis)]
Hervi Yanti
Bagaimana pola makan penderita gastritis
11:58 01/02/2021
Dimo Arestu Prananda ahligizi
Haloo terimakasih sudah bertanya ke dietducate, izinkan saya menjawab yaa. Pola makan tertentu dapat memperburuk kondisi gastritis seperti kebiasaan makan tidak teratur akan mempengaruhi lambung sulit beradaptasi. Apabila hal tersebut berlangsung lama maka produksi asam lambung akan menjadi berlebihan. Selain itu perilaku makan seperti porsi makan terlalu besar, makan terlalu cepat, berbaring/tidur segera setelah makan juga dapat memperburuk kondisi gastritis.
Pola makan yang dianjurkan ialah dengan mengonsumsi makanan dalam porsi kecil namun sering, lalu tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan berlemak tinggi (gorengan, jeroan), buah dan sayur yang bergas (jambu biji, nangka, daun singkong, kol, sawi), makanan yang pedas, minuman soft drink dan berkafein tinggi (soda dan kopi) untuk mencegah keparahan penyakit gastritis. Semoga dapat membantu yaa, semangat untuk menerapkan pola makan yang sehat :).
08:37 02/02/2021