[Masalah Berat Badan]
suci rani yuniarti
Cara menaikkan berat bada lebih banyak mengkonsumsi daging atau sayuran ?
20:51 06/02/2021
Halo Kak Suci,,, Trmksih sudah bertanya di Dietducate:
_Cara menaikkan berat badan yang dpt anda terapkan:
1. disarankan untuk makan lebih sering. Hal ini bertujuan untuk menambah asupan kalori dan Gizi yang diperlukan tubuh guna meningkatkan berat badan.
_Jika tidak dapat menghabiskan makanan dalam porsi banyak, cobalah untuk makan dalam porsi sedikit namun lebih sering. Misalnya, dengan meningkatkan frekuensi makan hingga 5 atau 6 kali sehari, tapi dalam porsi yang lebih sedikit.
2. Pastikan makanan yang Anda konsumsi banyak mengandung Gizi yang dapat mendukung peningkatan berat badan, misalnya protein, lemak, karbohidrat kompleks, serta beragam vitamin dan mineral.
_Makanan tinggi protein dapat meningkatkan massa otot dan menambah berat badan. Sementara itu, karbohidrat dan lemak pada makanan berfungsi untuk menambah jaringan lemak dan mencukupi kebutuhan energi.
_Anda bisa mendapatkan protein dan lemak dengan mengonsumsi daging, ikan, kacang-kacangan, telur, serta tahu dan tempe. Untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral, Anda bisa mengonsumsi roti gandum, gandum utuh atau sereal gandum, nasi , serta aneka buah dan sayuran.
3. Mengonsumsi makanan berlemak baik
Salah satu asupan Gizi yang perlu dipenuhi untuk menggemukkan badan adalah lemak sehat atau lemak tak jenuh, seperti omega-3 dan omega-6.
_Jenis lemak ini kaya akan kalori dan baik untuk memelihara kesehatan tubuh karena tidak menyebabkan penimbunan lemak di pembuluh darah atau aterosklerosis. Contoh makanan yang banyak mengandung lemak sehat adalah ikan, alpukat, telur, dan kacang-kacangan.
4. Memperbanyak minum susu
Susu dan produk olahannya, misalnya keju dan yoghurt, merupakan sumber lemak, kalori, dan protein yang baik. Tak hanya itu, susu juga banyak mengandung kalsium yang berperan penting dalam menjaga kesehatan dan kekuatan tulang serta gigi.
_Dengan rutin minum susu atau mengonsumsi produk olahan susu, berat badan Anda bisa bertambah. Untuk menggemukkan badan, Anda dapat minum susu, baik susu sapi murni atau susu penggemuk badan, sebanyak 1 atau 2 gelas per hari.
5. Berolahraga secara rutin
Olahraga dan aktivitas fisik rutin juga berperan penting dalam menggemukkan badan. Dengan berolahraga secara rutin, terutama latihan kekuatan, berat badan akan meningkat. Tak hanya itu, olahraga juga diketahui dapat meningkatkan nafsu makan, sehingga asupan kalori dan Gizi Anda bisa lebih tercukupi.
6. Beristirahat yang cukup
Untuk meningkatkan berat badan dan menjaganya tetap ideal, Anda disarankan untuk istirahat atau tidur yang cukup setiap malamnya. Tidur yang cukup diketahui berperan dalam mendukung proses pembentukan jaringan tubuh. Waktu tidur ideal bagi orang dewasa adalah 7–9 jam setiap malam.
"Selamat Mencoba💪& Semoga membantu"
07:34 07/02/2021