[Diet Maag (Gastritis)]
Hana Sutisna
Apa yg harus dan tidak boleh dimakan bagi penderita mag dan darah tinggi
17:55 07/02/2021
Aprilia Ayu Sholihati Nafisah, S.Gz. ahligizi
Halo, Kak Hana. Terima kasih atas pertanyaannya. Akan saya coba bantu jawab ya :) Beberapa makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita maag, antara lain: 1. Buah-buahan dengan tingkat keasaman yang rendah (misalnya apel, pisang, semangka, melon, pepaya). 2. Sayuran yang tidak menimbulkan gas (misalnya bayam, seledri, kacang panjang, mentimun, wortel). 3. Daging dan seafood tanpa lemak atau tanpa kulit (hindari memasak dengan menggoreng, sebaiknya panggang, rebus, atau kukus). 4. Oatmeal atau roti gandum. 5. Susu rendah lemak, susu susu almond, atau yogurt plain. 6. Minuman jahe hangat. Sebaiknya hindari makanan yang bisa menimbulkan gas (misalnya kubis, lobak, ubi, jamur), makanan yang tinggi asam (misalnya jeruk, lemon, tomat), hindari gorengan, kopi, coklat, minuman berkarbonasi, makanan pedas, tinggi lemak dan tinggi gula. Untuk makanan penderita tekanan darah tinggi, salah satu kuncinya adalah dengan mengurangi konsumsi natrium yang dapat ditemukan dalam garam dapur, makanan yang mengandung soda kue, baking powder, dan vetsin. Hindari juga makanan yang yang diawetkan seperti kornet, dendeng, ikan asin, telur asin, asinan sayur buah, dan sebagainya. Jika ingin memasak sayuran dengan menggunakan garam dapur, tambahkan sedikit saja garam dapur saat masakan sudah hampir matang. Semoga jawabannya membantu ya Kak, sehat selalu :)
21:29 24/02/2021