[Masalah Berat Badan]
rizki ganda
Selamat pagi Dok, saya pria umur 34 tahun dengan tinggi badan 169cm ,berat badan 48kg .Saya kesulitan untuk menaikkan berat badan. Untuk pola makan saat ini memang tidak teratur dan mungkin porsi makan yang sedikit. Makanan apa saja dok yang baik untuk menaikkan berat badan saya dan juga porsi yg seharusnya untuk usia sekarang?
06:51 08/02/2021
Mirna Rahmasari, S.Gz ahligizi
Halo kak Rizki ganda, terima kasih atas pertanyaannya. Untuk data yang kakak berikan, yaitu dari segi tinggi badan, berat badan idealnya adalah 62,13 kg dengan rentang 52,84-71,41 kg. Untuk menaikkan berat badan, kakak bisa menambahkan kalori sebanyak 300-500 kalori per hari. untuk kebutuhan kalori kakak adalah 2073 kkal/per hari jika aktvitas kakak dalam kategori sedang. penambahan jumlah kalori yang dikonsumsi bisa dilakukan secara bertahap. pola makannya bisa diperbaiki dengan tidak skip makan, makan dengan porsi cukup namun sering. menambahkan asupan makanan dari semua segi, seperti menambahkan lebih banyak nasi saat makan, makan roti, dll. selain itu bisa juga dengan menambahkan olahraga untuk meningkatkan massa otot. Untuk lebih jelasnya, kakak bisa membaca artikel berikut https://ahligizi.id/blog/2019/11/23/diet-peningkatan-berat-badan/ Semoga dapat membantu.
07:12 07/02/2022