[Masalah Berat Badan]
Agip Riani
Saya ingin bertanya perihal kelebihan berat badan yang saya alami ini dan sudah terkategori obesitas.
Usia saya 22 th dan BB saya 75 kg pas nimbang 2 bln yg lalu, (TB 150 cm).
Saya khawatir, ini akan berakhir dengan DM, soalnya di tahun-tahun ini BB saya terus naik, nafsu makan saya pun juga bertambah, 2 hari yang lalu saya sampai cek gula darah saya, hasilnya 94 sih, masih normal kan ya.
Apa yang mesti saya lakukan? Pengaturan pola makan yang bagaimana ya yang bisa saya lakukan?
Apakah sedot lemak itu pilihan yang tepat jika saya ingin mengatasi ini?
*saya susah nelan obat-obatan soalnya, kalo mau lewat obat-obatan*
19:38 27/12/2017
Qonita Rachmah, S.Gz., M.Sc(Nutr&Diet) ahligizi
Halo Agip,
Pertama-tama, untuk peningkatan berat badan bisa dipengaruhi oleh banyak hal, tidak hanya karena DM. Kenaikan berat badan per tahun brp kg ya? kalau masih <4 kg/bulan masih bisa ditoleransi, kok. Dan peningkatan nafsu makan juga bisa karena sebab lain. Kira-kira ada gejala lain seperti sering pipis atau sering minum kah? jika iya, maka perlu pemeriksaan gula darah atau HbA1C untuk melihat profil gula darah. Dg hasil 94 (gula darah puasa), mash dalam range normal.
Untuk opsi sedot lemak rasanya bisa jadi (very) last choice sajaa ya! Upayakan mengontrol pola makan dahulu. Selain itu, sedot lemak mahal dan sakit, lho. hehhee..
Berdasarkan perhitungan, kebutuhan Agip dalam sehari dg aktivitas ringan sekitar 2100 kalori. Pola makannya bisa sbb:
1. Makanan pokok/karbohidrat 5 porsi
2. Sayuran 4 porsi
3. Buah 3 porsi
4. Protein nabati 3 porsi
5. Protein hewani 3 porsi
6. Low fat milk 1 porsi
7. minyak goreng maksimal 3 sdm sehari (jika lebih, maka harus mengurangi porsi protein hewaninya)
Gula maksimal 4 sdm sehari (jika lebih, maka harus dikurangi porsi karbohidrat)
Dan jangan lupa untuk membatasi gula dan lemak karena padat energi. Upayakan untuk lebih banyak mengganti cemilan dengan buah/sayur.
Terima kasih,
Good luck and stay healthy! :)
22:25 27/12/2017