[Mitos atau Fakta ? (HOAX or Not)]
Ima a
Selamat malam doc. Ingin bertanya apakah kelebihan kalori dapat menyebabkan kegemukan? Terima kasih doc
23:57 12/02/2021
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Halo,, Kak Ima... Terimakasih sudah bertanya di Dietducate: _Jawabannya Fakta Ya Kak... _Kegemukan dapat terjadi apabila terdapat ketidakseimbangan antara energi yang masuk dan keluar, maka sisa energi tersebut akan disimpan dalam bentuk lemak tubuh. Penjelasannya sebagai berikut. Makanan yang mengandung sumber karbohidrat, akan dimetabolisme oleh tubuh kemudian dipecah menjadi glukosa/gula. Sehingga tidak hanya dari makanan manis saja gula darah dapat meningkat, melainkan makanan yang mengandung sumber karbohidrat juga merupakan penyumbang gula terbanyak didalam tubuh. Lemak karbo tidak ada dalam istilah medis. Namun, karbohidrat dapat dimetabolisme dan diubah menjadi lemak. Hal ini terjadi apabila glukosa/molekul yang telah dipecah dari karbohidrat tidak terpakai sebagai energi untuk dikeluarkan melalui aktifitas fisik, maka glukosa akan dimetabolisme ulang dan diubah menjadi lemak. Lemak inilah yang kemudian disimpan didalam tubuh. Jika banyak energi yang tidak terpakai, akan semakin banyak pula lemak yang tersimpan di tubuh. Hal inilah yang mendasari seseorang mudah mengalami kegemukan dari segi makanan dan aktifitas fisik yang kurang dilakukan. Sedangkan lemak biasa berasal dari makanan yang mengandung lemak, dimetabolisme sesuai alurnya dan tetap menjadi lemak didalam tubuh. Dalam kadar yang normal, lemak pun penting untuk menjaga fungsi organ di tubuh. Namun akan menjadi masalah apabila lemak tubuh melebihi batas normalnya. Oleh sebab itu, kegemukan pada seseorang karena makanan manis ataupun makanan berlemak pada dasarnya sama saja. Makanan manis mengandung glukosa. Glukosa adalah sumber energi bagi tubuh. Jika energi tidak banyak dikeluarkan maka akan mudah tersimpan didalam tubuh, dimetabolisme kembali dan diubah menjadi lemak. Kelebihan asupan lemak juga dapat menimbun lemak didalam tubuh. Sekian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga membantu๐Ÿ™‚
07:19 13/02/2021
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Jika masih ad yg perlu ditanyakan > Silahkan chat dikolom chat ya... Terimakasih
07:10 13/02/2021
Ima a
Maaf saya baru balas. Cukup doc terima kasih banyak penjelasannya doc.
09:42 14/02/2021
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Trmksih Kembali ๐Ÿ™‚ Semoga bermanfaat ๐Ÿ™
06:01 15/02/2021