[Diet Kolesterol]
Nuridayanah Fadilah
Jika seseorang mempunyai asam urat namun juga mempunyai penyakit kolesterol, diet apa yg harus dipilih? Makanan yg seharusnya dipilih apa saja? Dan makanan yg sebaiknya dihindari juga apa saja? Terimakasih.
04:43 13/02/2021
Agung Dirgantara Namangboling, M.Gz.,Dietisien.,AIFO ahligizi
Hallo, terima kasih sudah bertanya di AhliGiziID.
Untuk kolesterol total normal adalah <200 mg/dl dengan HDL >40 mg/d; dan LDL <130 mg/dl.
Mengkonsumsi berlebihan makanan yang mengandung kolesterol tinggi tidak dianjurkan karena akan berisiko terhadap beberapa penyakit seperti dislipidemia, hiperlipidemia, hiperkolesterol, penyempitan pembuluh darah, serangan jantung, hipertensi, stroke dll. Selain mengganti jenis minya dengan minyak diet, penggunaan bahan makanan yang kandungan kolesterol tinggi juga harus dibatasi.
Lebih banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung fitosterol
Jenis makanan dengan adanya kandungan fitosterol seperti alpukat, ikan tuna, minyak zaitun, sayuran hijau, oat, kacang tanah, kacang merah, kakao. Semoga sehat selalu 😊
12:27 05/02/2022
Halo terima kasih sudah bertanya di AhliGiziID.
Untuk penderita asam urat dengan tinggi kolesterol darah dianjurkan mengkonsumsi makanan dengan kandungan purin dan kolesterol yang rendah seperti
1. Buah-buahan : semua buah pada umumnya baik untuk asam urat. Buah ceri bahkan dapat membantu mencegah serangan dengan menurunkan kadar asam urat dan mengurangi peradangan.
2. Sayur-sayuran : seperti kentang polong, jamur, terong, dan sayuran berdaun hijau tua.
3. Biji-bijian utuh : seperti oat, beras merah, dan barley.
Produk susu. Semua produk susu aman, tetapi produk susu rendah lemak lebih direkomendasikan.
4. Telur ayam : khusus telur ayam jika kadar kolesterol tinggi maka yang dimakan hanya putihnya saja
5. Minyak nabati : seperti minyak kanola, kelapa, zaitun, dan minyak rami.
6. Ikan : seperti salmon, tuna.
Makanan tinggi purin yang harus dihindari adalah kerang, udang, kepiting, jeroan, daun singkong, daun bayam. Hindari mengkonsumsi daging berlemak atau lemak yang bersumber dari hewani.
12:27 05/02/2022