[Masalah Berat Badan]
Nelly Laia
Selamat siang dokter, sy mau konsultasi untuk menurunkan berat badan saya.. Sy wanita, umur 35 tahun, memiliki tb 154cm dan bb skrg 60kg, sy mau berat badan sy ideal.. Tolong bantu sy dokter.. Terima kasih
06:41 10/11/2018
Selamat sore, sebelumnya maaf kami Ahli Gizi. Untuk bisa mendapatkan berat badan ideal, tentunya butuh target bersama. Dengan TB 154cm, target BB ideal adalah 49kg.
Penurunan berat badan yang dianjurkan adalah 0,5 kg per minggu, dengan adanya penurunan asupan sebesar 500 kcal per hari (untuk menu makan, bisa dikonsultasikan lebih lanjut).
Langkah termudah yang bisa dilakukan untuk membantu menurunkan BB adalah:
1. Kurangi asupan gula (dalam sehari dianjurkan 2 sdm, tidak lebih dari 4 sdm)
2. Seimbangkan dengan asupan serat, baik dari sayur dan buah. konsumsi sayur 3-5 porsi sehari, dan konsumsi buah 2-4 porsi sehari.
3. Konsumsi cairan yang cukup
4. Olahraga secara rutin, 3x30 menit dalam satu minggu.
16:51 25/01/2020