[Lainnya......]
Chaca Icha
Saya mau bertanya untuk makanan yang cocok untuk ayah saya beliau mempunyai penyakit jantung, diabet, dan gagal ginjal untuk makanan yang dianjurkan dan dipantang apa ya? Terimakasih
19:29 18/02/2021
Mirna Rahmasari, S.Gz ahligizi
Halo kak Chaca Icha, terima kasih atas pertanyaannya. Untuk diet yang cocok bagi ayah kakak dengan kondisi penyakit jantung, diabetes, dan gagal ginjal akan dibahas satu per satu ya kak. Untuk masalah penyakit jantung, perlu diperhatikan bahwa asupan natrium dibatasi kurang dari 2300 mg/hari. Sama halnya dengan masalah diabetes, asupan natrium juga harus dibatasi serta kurang makanan yang tinggi gula dan lemak. untuk masalah gagal ginjal, selain membatasi asupan natrium juga membatasi asupan cairan. Beberapa asupan mineral seperti kalium, kalsium, dan fosfor juga harus diperhatikan. Berikut adalah makanan yang tidak dianjurkan : sumber karbohidrat (biskuit yang diawetkan dengan natrium, nasi uduk, gula, madu, sirup, kue-kue manis, susu kental manis, minuman botol ringan, es krim), sumber protein (daging merah bagian lemak, ikan kaleng, sosis, kornet, ampela, ati, olahan daging dengan natrium, jeroan, otak, makanan tinggi kolesterol, olahan kacang seperti tahu dan tempe, ikan asin), sumber lemak (santan, kelapa, minyak kelapa, mentega, margarin, ayam dengan kulit, mayonaise, susu full cream, gorengan), sayuran (sayuran yang diawetkan dan memakai campuran natrium, asinan sayur, bayam, sayuran tinggi kalium untuk kondisi hiperkalemia, yaitu daun singkong, asparagus, kembang kol, kangkung), buah (buah tinggi kalium untuk kondisi hiperkalemia, yaitu pisang, belimbing, bit, alpukat, semangka, melon, dan mangga. kemudian manisan buah), minuman kemasan dengan tambahan pemanis, bumbu vetsin, kecap, saus, dan bumbu instan. Makanan yang dianjurkan adalah makana selain makanan yang tidak dianjurkan yang sudah saya jelaskan tadi. Semoga dapat membantu.
07:29 07/02/2022