[Masalah Berat Badan]
anonim
Dok saya mau tanya untuk BB 68 TB 158 ,bagaimana caranya saya bisa di BB yang normal?terimakasih
10:11 19/02/2021
Aprilia Ayu Sholihati Nafisah, S.Gz. ahligizi
Hai Kak, terima kasih sudah bertanya melalui platform kami. Akan saya bantu ya Kak :) Setelah saya hitung berdasarkan tinggi badan dan berat badan yang Kakak cantumkan, Indeks Massa Tubuh (IMT) Kakak termasuk kategori kelebihan berat badan tingkat berat menurut Kemenkes RI (range 25,1 - 27,0). Hasil IMT Kakak saat ini adalah 27,2 sedangkan untuk kategori IMT normal adalah 18,5 - 25,0. Bisa dicoba untuk menurunkan berat badan secara bertahap hingga mencapai 60 kg untuk tahap awal sehingga IMT-nya nanti menjadi 24,0. Penurunan berat badan yang baik dan sehat adalah sekitar 0,5 - 1 kg per minggu, sehingga apabila sesuai rencana ingin menurunkan berat badan hingga mencapai 60 kg dari 68 kg diperlukan waktu paling cepat 8 minggu. Jika diturunkan secara instan dan cepat, metabolisme tubuh malah akan terganggu, meskipun bisa saja dari luar kelihatan baik-baik saja. Penurunan berat badan ini juga diniatkan untuk mengubah pola hidup menjadi lebih sehat ya. Untuk menurunkan berat badan 0,5 - 1 kg per minggu, lakukan defisit kalori dan peningkatan aktivitas fisik. Defisit kalori ini berkisar 500 kkal. Kakak bisa menggunakan aplikasi Dietducate di menu Kalkulator Gizi, lalu hitung kebutuhan kalori per hari sesuai kondisi saat ini kemudian kurangi hasil akhirnya dengan 500 kkal. Kemudian, Kakak mulai catat makanan Kakak sehari-hari dalam menu Meal Plan di aplikasi Dietducate. Dari situ, Kakak bisa mengetahui perkiraan berapa kalori yang dikonsumsi hari ini, apakah sesuai dengan rencana defisit kalori atau masih berlebih. Selain itu, Kakak juga perlu meningkatkan aktivitas fisik untuk membantu proses penurunan berat badan dengan melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit/hari minimal 5 kali dalam seminggu. Aktivitas fisik yang dipilih dapat disesuaikan dengan kemampuan, contohnya: jalan kaki, jalan cepat, bersepeda, lari, high intensity interval training (HIIT), yoga, berenang, dan lain sebagainya. Mengerjakan pekerjaan rumah, bersih-bersih rumah, atau berkebun, juga boleh dilakukan agar aktivitas lebih meningkat. Demikian yang dapat saya jelaskan kali ini Kak, jika ada lagi yang ingin dibantu, silakan tanyakan kembali. Sehat selalu ya Kak, dan semangat untuk program penurunan berat badannya agar menjadi lebih sehat lagi! :)
20:35 01/03/2021