[Masalah Berat Badan]
anonim
Saya memiliki masalah dengan berat badan (kelebihan). Keseharian saya adalah kuliah dari pagi-siang dan jarang berolahraga. Saya berusaha mengurangi ngemil yang manis-manis, tetapi berat badan saya bertambah. Kira2 apa yang harus saya lakukan?
21:23 21/02/2021
Aisyah Amalia Yustita, S. Gz ahligizi
Halo, Kak. Terimakasih telah bertanya di Dietducate. Sebelum memulai program diet, ada baiknya mengetahui berat badan (BB), tinggi badan (TB), usia, dan juga aktivitas fisik sehari-hari agar dapat dihitung indeks massa tubuh (IMT), BB ideal, juga kebutuhan energinya. Penurunan BB yg sehat hanya dianjurkan maksimal 2kg/bulan dengan tetap memperhatikan pola makan dan aktivitas fisik. Pola makan disini adalah gizi seimbang. Setiap kali makan diharapkan terdapat karbohidrat, lauk pauk, sayur buah. Dan diharapkan untuk tidak skip meal. Untuk usaha mengurangi asupan gula dengan tudak ngemil manis-manis sudah bagus, bisa dilanjutkan lagi, Kak. Kurangi juga konsumsi lemak, seperti gorengan dan juga kulit ayam atau pun jeroan. Aktivitas fisik tidak harus olahraga, dengan berjalan 30 menit secara terus menerus (bukan akumulasi) pun juga baik. Mungkin untuk naik ke lantai atas bisa dipilih naik tangga daripada naik lift. Dan jangan lupa minum air putih minimal 8 gelas/hari, Kak. Penting untuk tetap terhidrasi. Sekian jawaban saya, semoga bermanfaat. Apabila dirasa kesulitan, mungkin bisa berkonsultasi dengan ahli gizi terdekat. Terimakasih 🙏🏻
03:20 23/02/2021