[Gizi Olahraga & Kebugaran]
steel boy channel
Saya ingin membesarkan otot, Bagaimana pola makan yang tepat
10:31 23/02/2021
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Hallo Kak Steel,,, Terimakasih Sudah Bertanya Di Dietducate: Daftar Makanan Pembentuk Otot: Bagi Kakak yang sedang menjalani program pembentukan massa otot, ada beberapa makanan pembentuk otot yang dapat Kakak konsumsi, yaitu: 1. Telur > Konsumsi telur utuh secara rutin baik untuk memenuhi kebutuhan protein harian. Selain itu, baik putih telur maupun kuning telur, keduanya mengandung sejumlah besar komponen utama penguat dan pembentuk otot. Komponen tersebut meliputi asam amino leusin, fosfolipid, omega-3, serta vitamin B dan vitamin D. Oleh karena itu, pastikan Anda mengonsumsi telur utuh untuk membentuk otot tubuh yang sehat dan kuat. 2. Dada ayam > Selain telur, dada ayam juga merupakan salah satu makanan pembentuk otot yang sayang untuk dilewatkan. Di dalam 100 gram daging ayam, terkandung sekitar 25 gram protein. Angka tersebut merupakan jumlah yang cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan protein harian. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa asupan protein tinggi yang terkontrol, seperti konsumsi dada ayam, dapat membantu penurunan lemak dalam jaringan tubuh. Selain itu, dada ayam juga kaya akan vitamin B5 dan vitamin B6 yang dapat menjaga tubuh tetap bugar selama Anda berolahraga. 3. Daging sapi tanpa lemak > Daging sapi tanpa lemak juga termasuk dalam deretan makanan pembentuk otot. Makanan ini juga menjadi sumber protein berkualitas tinggi, vitamin B, dan berbagai jenis mineral yang dapat memicu pembentukan otot. 4. Tahu > Tahu dapat Anda konsumsi sebagai pengganti daging. Dalam seporsi tahu mentah atau setara 125 gram mengandung 10 gram protein, 5 gram lemak, dan 2 gram karbohidrat. Selain itu, tahu juga dikenal sebagai sumber kalsium yang baik untuk menjaga kekuatan otot dan tulang. Jenis protein kedelai yang terkandung di dalam tahu bahkan dianggap sebagai salah satu protein nabati berkualitas tinggi. 5. Susu rendah lemak > Susu rendah lemak mengandung protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang penting untuk pertumbuhan otot. Beberapa penelitian juga telah membuktikan bahwa minum susu secara rutin yang disertai latihan fisik dapat meningkatkan massa otot. 6. Makanan laut > Makanan laut juga disebut sebagai asupan Gizi penting untuk membentuk otot, karena kaya akan kandungan asam lemak omega-3, protein, vitamin B kompleks, dan selenium. Semua nutrisi tersebut berperan penting dalam pertumbuhan dan pembentukan otot. Oleh karena itu, jika Anda ingin menambahkan asupan protein ke dalam menu makan tanpa mengonsumsi terlalu banyak kalori, berbagai jenis makanan laut seperti salmon, tuna, ikan nila, dan udang, bisa menjadi pilihan yang baik. 7. Buah dan sayur > Konsumsi buah dan sayur juga penting untuk menyeimbangkan kebutuhan Gizi tubuh. Beragam jenis buah dan sayur mengandung serat, vitamin, mineral, serta cairan yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk otot. Beberapa pilihan buah dan sayur yang baik untuk pembentukan otot meliputi jeruk, apel, pisang, anggur, pir, semangka, beri, brokoli, bayam, tomat, mentimun, asparagus, paprika, dan jamur. 8. Kacang-kacangan dan biji-bijian > Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber karbohidrat berkualitas yang mengandung sejumlah kecil protein untuk menambah energi serta serat, vitamin, dan antioksidan yang bermanfaat untuk memperbaiki kerusakan otot.
09:53 05/02/2022
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Itulah pilihan makanan pembentuk otot yang dapat Kakak konsumsi. Meski demikian, makanan yang baik untuk otot tidak hanya sekadar berprotein tinggi, melainkan kombinasi makanan bergizi seimbang dan dikonsumsi dengan porsi yang sesuai kebutuhan atau tidak berlebihan. Selain konsumsi makanan pembentuk otot, jangan lupa untuk memenuhi asupan cairan serta rutin berolahraga, terutama latihan kekuatan yang baik bagi otot. Dengan begitu, tubuh berotot dan sehat pun dapat Kakak peroleh.
09:55 05/02/2022
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Semoga Membantu 🙂
09:55 05/02/2022