[Diet Maag (Gastritis)]
Hilda Amellia Safitri
Selamat pagi ibu. Ijin bertanya ya. Ayah saya punya maag, ketika asam lambung naik menjadi tifus/tipes. Yg saya tanyakan, makanan yg dihindari dan dianjurkan seperti apa ya? Terima kasih🙏
10:54 23/02/2021
Alvian Hadi Sutrisno, S.Gz. ahligizi
selamat pagi
terimakasih sudah bertanya di aplikasi dietducate/ahligizi.id
saya alvian akan menjawab pertanyaan yang diajukan
yang perlu diketahuui, sakit maag (gastritis) disebabkan oleh kurangnya asupan makanan, terlalu banyak mengkonsumsi alkohol, terlalu sering mengkonsumsi makanan yang beraroma tajam dan pedas atau bergas, dan sering mengkonsumsi makanan atau minuman yang mnengandung kafein.
diet yang tepat untuk penderita maag (gastritis) yaitu makanlah yang teratur yaitu 3 kali makanan utama dan 2 kali selingan, jika tidak, maka makanlah dengan menerapkan sedikit-sedkit tapi sering, dengan menggunakan bentuk makanan lunak seperti nasi tim atau bubur.
hindari makanan pedas, bersantan kental, goreng-gorengan. kurangi mengkonsumsi makanan bergas sepeerti umbi-umbian, kurangi minuman yang mempunyai kafein tinggi seperti kopi dan kurangi mengkonsumsi alkohol.
sekian terimakasih. semoga jawaban ini membantu dan semoga sehat selalu.
11:21 23/02/2021
Hilda Amellia Safitri
Baik terima kasih bpk🙏
08:46 24/02/2021