[Masalah Berat Badan]
anonim
Makanan untuk diet apa aja ya dok?
20:37 23/02/2021
Aghniya Nailah Rifdah, S.Gz ahligizi
Halo kak, terima kasih sudah bertanya di Dietducate.
Sebelumnya perlu kakak ketahui bahwa sebenarnya diet adalah pengaturan pola makan. Jadi untuk orang sehat yang tidak ada keluhan penyakit apapun bisa dibilang boleh konsumsi apa saja, hanya saja perlu diatur konsumsinya dari segi jenis dan jumlahnya.
Nah pola makan yang tepat adalah sesuai dengan Gizi Seimbang, yakni susunan makanan sehari-hari yang mengandung berbagai macam zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Selain itu kita juga perlu memperhatikan prinsip keanekaragaman pangan, membiasakan perilaku hidup bersih, melakukan aktivitas fisik, dan memantau berat badan secara teratur agar diperoleh berat badan ideal.
Kita bisa menerapkan pola makan dengan Gizi Seimbang sesuai prinsip "Isi Piringku", yakni dalam 1 sajian makan utama terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayuran dan buah dengan porsi sebagai berikut :
Jumlah sayur sama seperti makanan pokok, masing-masing 2/3 dari piring yang dibagi 2. Lalu jumlah buah sama dengan lauk pauk, masing-masing 1/3 dari piring yang dibagi 2.
Selain itu, kita perlu memperhatikan hal-hal berikut ini :
1. Biasakan banyak makan sayur dan cukup buah-buahan.
2. Konsumsi lauk pauk yang kaya protein dan rendah lemak, seperti ikan dan ayam tanpa kulit, daging dengan bagian merah lebih banyak dibandingkan putih, telur, susu dan hasil olahannya, kacang-kacangan dan hasil olahannya seperti tahu, tempe.
3. Variasikan makanan pokok seperti beras, jagung, singkong, ubi, talas, sagu, sorgum.
4. Batasi konsumsi pangan manis (tinggi gula), asin (tinggi garam) dan berlemak.
- Gula mencakup gula tebu, gula aren, gula merah, gula jagung, madu dan makanan lain yang mengandung karbohidrat sederhana seperti tepung terigu, roti, selai, sirup, kecap, manisan buah, jus bergula, minuman soda bergula dan sebagainya
- Garam mencakup garam meja, MSG dan makanan lain yang mengandung tinggi garam seperti ikan asin, acar, asinan buah, saus, kecap, makanan olahan seperti sosis, nugget, daging burger, bakso, mie instan dan sebagainya
- Lemak mencakup minyak, margarin, mentega.
Pilih lemak yang sehat seperti minyak zaitun, minyak jagung, minyak kedelai, minyak kacang tanah.
Hindari konsumsi makanan yang digoreng, usahakan pilih makanan yang direbus, dikukus, dipanggang, atau ditumis.
5. Biasakan sarapan sebelum jam 9 pagi dengan sajian seperti prinsip Isi Piringku yang sudah disebutkan di atas.
6. Biasakan minum air putih sekitar 2000 liter atau 8 gelas sehari.
Demikian kak, semoga membantu :)
14:17 15/03/2021
Aghniya Nailah Rifdah, S.Gz ahligizi
Mohon maaf kak, untuk poin 6 ada kesalahan penulisan satuan jumlah air putih, seharusnya ±2000 ml ya kak 🙏
10:49 25/03/2021