[Lainnya......]
Rosy Arifia
Minta tolong dijelaskan ttg defisit kalori
16:23 24/02/2021
Aprilia Ayu Sholihati Nafisah, S.Gz. ahligizi
Halo, Kak Rosy. Terima kasih sudah bertanya melalui platform kami. Saya coba bantu jelaskan ya :)
Tubuh manusia membutuhkan energi dari kalori makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Apabila kalori dari makanan (kalori yang masuk ke tubuh) melebihi kalori yang dikeluarkan dari tubuh melalui aktivitas, maka akan menghasilkan tumpukan kalori berlebih yang akan disimpan sebagai lemak tubuh. Hal inilah yang menyebabkan berat badan bertambah. Defisit kalori artinya kondisi di mana jumlah kalori yang dikonsumsi lebih sedikit dibandingkan jumlah kalori yang dibakar. Tujuan dari defisit kalori adalah untuk menurunkan berat badan dengan cara mengurangi kalori yang dikonsumsi dari makanan. Pengurangan kalorinya berkisar 500 kkal per hari. Defisit kalori ini merupakan cara yang efektif dan aman untuk menurunkan berat badan asalkan pengurangan jumlah kalori yang dilakukan tidak berlebihan. Ketika defisit kalori, tubuh akan menggunakan sumber energi lain, yaitu dari lemak yang tersimpan di tubuh. Lemak ini diubah menjadi energi sehingga berat badan pun akan menjadi turun. Kemudian untuk cara efektif melakukan defisit kalori adalah dengan mengkombinasikan antara diet dan olahraga. Kalori dari asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh berkurang, sehingga simpanan lemak akan digunakan sebagai sumber energi. Selain itu kalori pembakaran dari aktivitas olahraga juga tinggi, sehingga simpanan lemak kembali digunakan sebagai sumber energi saat berolahraga. Kedua hal tersebut berefek terhadap penurunan simpanan lemak yang dapat dilihat sebagai penurunan berat badan. Perlu diingat bahwa penurunan berat badan yang baik dan sehat itu berkisar 0,5 - 1 kg per minggu, karena jika berat badan turun langsung secara drastis akan mengganggu metabolisme tubuh dan tidak memberikan efek yang baik bagi kesehatan.
Demikian penjelasannya Kak Rosy, semoga dapat membantu. Apakah ada yang ingin ditanyakan lagi? :)
20:26 27/02/2021