[Masalah Berat Badan]
Susan Ar
Dok bagaimana cara menurunkan berat badan yang cepat seperti tya arista
17:31 26/02/2021
Zahra Hidayati Krisnadi, S.Tr.Gz, RD ahligizi
Halo kak Susan, terima kasih sudah bertanya di Dietducate. Diet yang dilakukan oleh kak tya adalah jenis Very Low Calorie Diet (VLCD) yang merupakan diet ekstrim. Diet ekstrim ini tidak dapat mencukupi kebutuhan Basal Metabolic Rate (BMR). BMR adalah energi yang dibutuhkan untuk menjalankan organ-organ sesuai dengan fungsinya (jantung berdetak, otak untuk berfikir, paru-paru untuk bernapas, dll). Jika diet ini dilakukan dalam jangka waktu yang panjang maka tubuh akan mengalami malnutrisi. Dampak lain akibat VLCD antara lain adalah metabolisme melambat, massa otot dan kepadatan tulang menurun, peningkatan resiko batu empedu karena penurunan berat badan yang ekstrim serta akibat kekurangan gizi makro dan mikro seperti rambut rontok, mudah lelah, gangguan menstruasi, mood swing, anemia dan ketidakseimbangan elektrolit. Penurunan berat badan yang dianjurkan setiap minggu adalah 0,5-1 kg (maksimal 4 kg per bulan) dan secara bertahap dengan pembatasan energi kurang lebih 500 kkal. Oleh karena itu pengaturan diet bersifat personal. Konsultasikan pengaturan diet langsung bersama ahli gizi (nutrisionis/dietisien) yang terdekat dengan anda. Selain pengaturan diet, kakak juga perlu melakukan aktivitas fisik 30 menit/hari untuk penurunan berat badan yang maksimal. Semoga bermanfaat, stay healthy kak.
20:21 16/03/2021