[Lainnya......]
Kholifatul Kasanah
Menstruasi tidak teratur dan hanya berlangsung sebentar apakah ada hubungan nya dengan masalah gizi saya?
21:24 20/03/2021
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Halo Kak Kholifatul,,, Terimakasih sudah bertanya di Dietducate: > Yang Menyebabkan Menstruasi Tidak Lancar: Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab menstruasi yang tidak lancar atau tidak teratur, antara lain: 1.Menopause > Menjelang menopause, menstruasi bisa menjadi tidak lancar. Ini karena hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh menjadi tidak teratur. 2. Kehamilan > Jika menstruasi Anda terhenti atau terlambat, cobalah melakukan pemeriksaan untuk memastikan apakah Anda hamil. Dokter biasanya akan merekomendasikan tes kehamilan dan USG. 3. Alat kontrasepsi > Menggunakan alat kontrasepsi, seperti IUD (spiral), KB suntik, atau pil KB, memang bisa menyebabkan perubahan berupa flek di antara siklus menstruasi. IUD bisa menyebabkan darah yang keluar lebih banyak dari biasanya atau nyeri perut pada saat menstruasi. Dapat juga terjadi keluarnya sedikit darah pada awal penggunaan pil KB, namun ini akan berhenti setelah beberapa bulan penggunaan. 4. Pola hidup sehari-hari > Jika Anda melakukan olahraga yang berlebihan atau berat badan Anda turun drastis, hal itu bisa menyebabkan menstruasi tidak lancar atau tidak teratur. Begitu pula dengan berat badan yang berlebih atau obesitas. Tidak hanya perubahan berat badan, stres, kurang tidur (misalnya karena gangguan kelenjar pineal) juga bisa memengaruhi siklus menstruasi Anda. 5. Sindrom ovarium polikistik (PCOS) (PCOS) adalah kumpulan gejala yang disebabkan oleh terbentuknya kista-kista kecil di dalam indung telur. Keberadaan kista ini membuat hormon menjadi tidak seimbang. Testosteron dapat meningkat melebihi batas normal, yang mana seharusnya pada wanita hanya terdapat sedikit hormon testosteron. Ketidaknormalan juga terjadi kepada proses pelepasan sel telur. Ini menyebabkan wanita dengan PCOS tidak mengalami menstruasi, atau mengalami menstruasi tetapi darah yang keluar hanya sedikit. Sebagian wanita dengan PCOS juga mungkin akan mengalami keluhan lain, seperti tumbuh kumis atau rambut di bagian tubuh tertentu. 6. Masalah pada tiroid Pada bagian leher Anda terdapat kelenjar tiroid yang memproduksi hormon yang dapat mengatur metabolisme tubuh. Jika tiroid Anda bermasalah, maka menstruasi Anda juga akan terpengaruh. Konsultasikan hal ini kepada dokter spesialis endokrin. Dokter akan melakukan tes darah untuk melihat bagaimana kadar hormon tiroid dalam darah Anda. > Cara Mengatasi Menstruasi Tidak Lancar _Pengobatan untuk menangani menstruasi tidak lancar perlu disesuaikan dengan penyebabnya. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi menstruasi yang tidak lancar atau tidak teratur. Mengubah gaya hidup. Mengganti alat kontrasepsi. Melakukan pengobatan tiroid. Lakukan pengobatan sindrom ovarium polikistik, misalnya untuk mengontrol kadar hormon atau diabetes. Selain itu, turunkan berat badan dengan cara yang sehat, jika Anda menderita sindrom ovarium polikistik dengan berat badan berlebih. Melakukan konseling jika Anda mengalami stres yang menyebabkan berat badan turun drastis. semoga membantu 🙂
08:32 22/03/2021
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Jika masih ad yg ditanyakan silahkan chat dikolom chat ya.... Trmksih 🙏
08:33 22/03/2021
Kholifatul Kasanah
Terimakasih dok untuk jawaban nya...
20:21 02/04/2021
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Trmksih kembali kak 🙂
18:35 03/04/2021
Kholifatul Kasanah
Maaf dok, bagaimana cara saya untuk mengetahui apakah saya menderita sindrom ovarium polikistik dengan berat badan berlebih atau tidak? Apakah harus melakukan pemeriksaan di lab atau rumah sakit?
06:26 04/04/2021
NURVITA S. GUSTI ahligizi
iya kak,, harus melakukan pemeriksaan Lab/Rumah sakit 🙂
06:31 04/04/2021
Kholifatul Kasanah
Oh begitu, terimkasih dokter...
16:46 10/04/2021
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Sama-sama 🙂
02:50 11/04/2021