[Lainnya......]
anonim
Kak mau tanya apakah haid tidak teratur bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin E ya ? Karena habis konsul kedokter saya diberi santa E dan pil kb
20:37 22/03/2021
Hallo,,, Terimakasih Sudah Bertanya Di Dietducate:
12:16 05/02/2022
Siklus haid yang normal adalah 21-35 hari dengan lama haid 2-7 hari dan jumal darah yang dikeluarkan sebanyak 30-40 ml. Apabila siklus haid Anda 2 bulan, maka termasuk haid yang tidak teratur. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan haid tidak teratur yaitu:
Usia pubertas dan menopause
Stress dan kelelahan
Penurunan berat badan secara drastis dan obesitas
Penggunaan alat kontrasepsi dan obat-obatan
Masalah medis: PCOS, gangguan hormonal, penyakit tiroid, penyakit kronis, asherman's syndrome, dll
Jika Anda masih dalam masa pubertas maka Anda tidak perlu khawatir dengan haid yang tidak teratur. Siklus haid akan teratur seiring berjalannya waktu. Namun jika Anda sudah melewati masa pubertas dan Anda sering terlambat haid hingga lebih dari 90 hari, sebaiknya ANda berkonsultasi dengan dokter kandungan agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menegtahui penyebabnya sehingga Anda bisa diberikan penanganan yang tepat. Anda bisa mencoba beberapa tips berikut ini untuk memperlancar haid:
Kelola stress dengan baik
Jaga berat badan ideal
Olahraga teratur
HIndari aktivitas berat
Istirahat cukup
Biasakan pola hidup sehat
Ganti alat kontrasepsi
Lakukan pengobatan bila ada penyakit yang menyebabkan haid tidak teratur
Semoga Membantu 🙂
12:18 05/02/2022