[Bayi & Balita]
Michel Alfon
Anak saya umur nya 2 tahun 2 bulan. Berat badannya ga naik naik, hanya 10 Kg aja. Tingginya 79 Cm. Tp anaknya aktif banget. Apakah ini masih normal ya dok ? Dan apa yang harus saya berikan untuk menaikkan berat badannya ?
20:47 22/03/2021
LIBNA FAIHA F, S. Gz ahligizi
Selamat Pagi Bapak Michel Alfon, terimakasih telah bertanya di aplikasi Dieducate. Perlu diketahui bahwa status gizi anak ada 3, yakni BB/TB; BB/U dan TB/U sesuai dengan jenis kelaminnya. Dengan melihat hasil diatas (anak perempuan/ laki2 dengan usia 26 bulan) maka hasil yang di dapat BB/TB nya masuk dalam kategori gizi baik, BB/U termasuk berat badan normal, dan TB/U nya masuk dalam kategori pendek. Meskipun dalam kategori baik, akan tetapi dengan tidak ada peningkatan berat badan yang berulang maka beresiko nilai BB/U akan menurun yang dalam arti akan mengarah pada berat badan kurang, maka perlu dikaji ulang apakah asupan yang diberikan sudah sesuai kebutuhan atau belum, lalu bahan makanan yang diberikan bagaimana, frekuensi pemberian makanan berapa kali dalam sehari, serta snack nya bagaimana. Untuk itu perlu diajarkan makan utama sehari 3 kali, snack minimal 2 kali, serta pilih makanan yang tinggi lemak (dengan gorengan, atau bersantan) dan protein hewani. Semoga jawaban dari saya dapat membantu Bapak ya, sehat selalu...
10:36 25/03/2021