[Lainnya......]
sean
mlm..mohon dijawab..
untuk pasien cancer yang on radioterapi/kemo wajib TKTP utk tetap mempertahankan HB, leukosit dsb..anjuran konsumsi dgg merah.
Lalu setelah selesai terapi apakah tetap tktp atau bagaimana ya? apakah sebaiknya menghindari daging merah setelah itu?
thx
20:17 27/12/2017
Qonita Rachmah, S.Gz., M.Sc(Nutr&Diet) ahligizi
Selamat Malam,
Jika terapi kemo masih berjalan, masih dianjurkan diet tktp untuk menghindari penurunan berat badan dan mempertahankan imunitas tubuh. Anjuran protein hewani selain daging merah juga bisa diselingi dengan daging putih untuk menghindari kebosanan makan. Setelah kemoterapi, apabila nafsu makan sudah baik dan tidak mengalami penurunan berat badan yang signifikan, dapat dilanjutkan dengan diet sehat.
Beberapa bahan makanan yang konsumsinya dapat dikurangi setelah selama/setelah kemo diantaranya sbb:
- Makanan pedas atau berbau terlalu tajam
- Makanan berlemak (gajih, jeroan, gorengan)
- Makanan/minuman terlalu manis
Jika ada gelaa lain seperti diare atau konstipasi, maka juga perlu diperhatikan konsymsi makanan berseratnya.
Semoga membantu,
Stay healthy! :)
- Makanan/minuman terlalu manis
Semoga membantu,
Stay healthy! :)
22:39 27/12/2017