[Diet Diabetes Mellitus]
Arfiadi Meidiansyah
Dok, apakah diet karbo (berupa pengurangan konsumsi nasi putih) bagus untuk diabetes? Kenapa nasi putih kurang baik utk penderita diabet?
Apa pengganti nasi yg bagus utk dikonsumsi?
14:12 21/11/2018
Muhammad Iqbal Basagili, S.Gz., M.P.H. (Nutr & Diet) ahligizi
halo kak, terimakasih sudah berkonsultasi di AhliGiziID
nasi putih kurang dianjurkan untuk penderita prediabetes maupun diabetes karena akan menjadikan predabetes menjadi diabetes. hal ini dibuktikan dari penelitian yang telah dipublikasikan di jurnal BMJ (https://www.bmj.com/content/344/bmj.e1454 )
hal tersebut berkaitan dengan indeks glikemik nasi putih yang tinggi. sebaiknya dibatasi dan disubstitusi dengan nasi yang indeks glikemiknya rendah seperti nasi merah, nasi hitam, gandum, roti, ketela, atau sumber karbohidrat lainnya..
semoga membantu
04:30 08/09/2019