[Masalah Berat Badan]
anonim
Tahap awal untuk menurunkan berat badan ?
01:08 23/03/2021
Diah Apriyani, S.Gz ahligizi
Hai Ka, menurunkan berat badan sebaiknya dilakukan secara bertahap agar tidak mengganggu metabolisme tubuh dan tentunya gak bikin kamu terkena Yoyo Syndrom. Adapun batasan maksimal berat badan yang harus dikurangi sebesar 0,5-1 kg dalam seminggu atau 2-4 kg dalam sebulan.
Selanjutnya kamu bisa lakukan beberapa hal berikut untuk bantu mencapai/mempertahankan BB ideal :
*Diet Rendah Kalori yang mengandung zat gizi seimbang, seperti karbohidrat (nasi/kentang/mie/roti), protein rendah lemak (ayam tanpa kulit, daging tanpa lemak, telur, ikan, tahu/tempe, kacang-kacangan), serat (sayur dan buah)
*Makan dengan jadwal yang teratur yaitu 3 kali makan padat dan 2 kali selingan.
*Lakukan olahraga teratur setiap hari selama 30 menit atau 3 kali seminggu selama 60 menit
*Lakukan semua kegiatan sebagai kebiasaan yang menyenangkan disertai motivasi yang kuat dalam diri sendiri untuk disiplin melakukan program penurunan BB
*Melakukan gaya hidup sehat dengan konsumsi air putih min 8-10 gls/hari, istirahat cukup 6-8 jam dan selalu berpikir positif.
*Biasakan makan dengan pola piring T, yaitu setengah piring berisi sayuran, setengah piring lagi dibagi 2 menjadi seperempat piring berisi nasi dan seperempat sisanya berisi lauk.
Semoga membantu ☺️
05:38 11/11/2021