[Lainnya......]
dila yuka
Saya selalu berusaha mengikuti anjuran konsumsi gula, garam, dan minyak. Saat ini saya mengurangi konsumsi gula tambahan pada berbagai minuman. Untuk garam saya berusaha semaksimal mungkin untuk mengurangi dengan menghitung jumlah natrium pada setiap kemasan makanan. Karena saya sangat mengurangi konsumsi makanan instan maupun yg lainnya. Memasak sendiri adalah pilihan saya. Tpi saya cukup sulit mengurangi makanan yg digoreng. Hanya sesekali saya tidak mengonsumsi. Bagaimana cara diet yg sesuai agar saya tetap sehat dan tetap bisa makan enak sampai usia tua. Terima kasih
08:39 23/03/2021
Aghniya Nailah Rifdah, S.Gz ahligizi
Halo Kak Dila, terima kasih sudah bertanya di Dietducate 😊 Berdasarkan penjelasan kakak, kakak sudah bagus dalam menerapkan anjuran konsumsi gula dan garam. Nah untuk lemaknya, memang betul kak, makanan yang digoreng itu sangat sulit untuk ditinggalkan, karena lemak sendiri merupakan salah satu komponen yang membuat makanan menjadi lezat dan menggugah selera. Tidak mengapa mengonsumsi makanan yang digoreng, asalkan kakak atur porsi dan frekuensi konsumsinya. Untuk permulaan, kakak bisa mulai dari mengurangi porsi secara bertahap. Misal yang tadinya sekali makan 5 potong, kakak batasi jadi 3 potong di pekan tersebut. Pekan berikutnya hanya 1 potong. Bila kakak sudah bisa membiasakan diri dengan pola tersebut, kakak bisa lanjut ke tahap berikutnya, yaitu mengurangi frekuensi. Misal yang tadinya setiap hari menjadi 5 hari/pekan. Kemudian 3 hari/pekan, hingga 1 hari/pekan. Kakak juga bisa mengganti jenis minyak yang dipakai, dengan menggunakan minyak zaitun, minyak jagung, minyak biji matahari, minyak canola. Selain itu kakak perlu coba masakan yang menggunakan sedikit minyak (ditumis), atau dipanggang, diungkep, dipepes, dikukus, direbus. Ada baiknya bila kakak iringi pola makan tersebut dengan menambahkan asupan serat dari buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan setiap harinya. Untuk mengetahui tentang serat lebih lanjut, kakak bisa simak artikel berikut : https://ahligizi.id/blog/?p=85 Jangan lupa rutin olahraga ya kak, 3-5x/pekan selama 20-30 menit/sesi. Demikian kak, semoga membantu 😊
10:51 23/03/2021
dila yuka
Terima kasih banyak atas saran yang diberikan. Smoga saya bisa melaksanakan dan selalu disiplin
14:05 27/03/2021
Aghniya Nailah Rifdah, S.Gz ahligizi
Sama-sama kak, semangat terus yaa kak 💪😊
14:43 27/03/2021