[Lainnya......]
sagung putu samiwati
Kak apa bener mereka yg mengalami CKD stage 4 dan 5 gak boleh makan sayur, tempe tahu dan buah? Mohon bantuanya kak terimakasih
09:35 23/03/2021
Mirna Rahmasari, S.Gz ahligizi
Halo kak Sagung Putu Samiwati, terima kasih atas pertanyaannya. Untuk orang yang mengalami CKD memang tidak dianjurkan untuk mengonsumsi kacang-kacangaan dan olahannya seperti tahu dan tempe. Sedangkan untuk sayuran, ada kondisi tertentu dimana sayuran itu tidak boleh dikonsumsi, yaitu saat hiperkalemia (sayuran yang tidak boleh dimakan adalah bayam, daun singkong, asparagus, kembang kol, dan kangkung). Semoga dapat membantu.
07:43 07/02/2022