[Gizi Olahraga & Kebugaran]
anonim
Jenis olahraga apa saja yang disarankan untuk diet tetapi memiliki darah rendah & vertigo?
14:44 23/03/2021
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Halo Kak,,, Terimakasih sudah bertanya Di Dietducate: > Tekanan darah rendah merupakan suatu kondisi di mana tekanan darah seseorang < 90/60 mmHg. Sebenarnya memang tidak ada patokan pasti dimana batas tekanan darah dikatakan rendah. Namun, para ahli menyepakati 90/60 sebagai batas bawah tekanan darah normal. Biasanya orang-orang dengan tekanan darah rendah akan sering pusing, mata berkunang-kunang terutama setelah terjadi perubahan posisi mendadak. Olahraga memang merupakan salah cara yang baik untuk menormalkan tekanan darah. Anda dapat melakukan olahraga apapun yang Anda sukai. Lakukanlah secara rutin dan ketahuilah batasan diri Anda. Misalnya pada pasien dengan tekanan darah, akan sering merasa pusing atau bahkan pingsan bila terkena terik matahari. Karena itu janganlah berolahraga di bawah terik matahari pada siang hari. Berenang boleh saja untuk pasien dengan tekanan darah rendah. Yang terpenting dari olahraga adalah lakukanlah dengan rutin 3-5x seminggu. > Vertigo bisa muncul secara mendadak dan terjadi hanya sesekali, tetapi juga bisa sering kambuh. Selain menimbulkan sensasi pusing dan mual, vertigo juga bisa menyebabkan nistagmus atau pergerakan mata yang tidak terkendali. > Berbagai Cara Menangani Vertigo secara Mandiri: Kambuhnya vertigo, terutama yang terjadi secara mendadak, bisa membuat Anda cemas atau bahkan panik. Untuk mengatasi keluhan vertigo tersebut, ada beberapa cara atau tips yang bisa dilakukan, di antaranya: Upayakan untuk tetap tenang. Segera duduk dan pejamkan mata, bila gejala vertigo muncul saat sedang berdiri. Hindari berbaring miring dengan bertumpu pada sisi kepala yang mengalami vertigo. Tidur dengan posisi kepala sedikit terangkat atau lebih tinggi. Cukupi asupan cairan dengan minum air putih. Gunakan penerangan saat terbangun di malam hari. > Untuk mencegah vertigo kambuh, Anda juga bisa mencoba beberapa tips berikut ini: Hindari terlalu cepat berdiri saat bangun tidur karena dapat memicu kambuhnya vertigo. Biasakan duduk sejenak sebelum beranjak dari kasur setelah bangun tidur. Gerakkan kepala secara perlahan dan hati-hati saat beraktivitas. Hindari olahraga yang memerlukan gerakan cepat, seperti basket dan sepak bola. Hentikan kebiasaan merokok dan batasi konsumsi minuman beralkohol. Kurangi asupan garam dan makanan berlemak. Kecilkan volume suara atau musik saat menggunakan earphone. >Beberapa Latihan untuk Mengatasi Keluhan Vertigo Saat vertigo kambuh, cobalah untuk tidak panik dan segera duduk atau berbaring, lalu pejamkan mata. Selain itu, Anda juga bisa melakukan beberapa gerakan atau manuver berikut untuk mengatasi gejala vertigo secara mandiri di rumah: > Manuver Epley Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan gerakan atau manuver Epley: Ambil posisi duduk di tempat tidur dan miringkan kepala hingga 45 derajat ke sisi yang mengalami vertigo (bagian kanan atau kiri). Posisikan bantal untuk menopang punggung atas, sehingga posisi kepala sedikit menengadah saat Anda berbaring. Gerakkan badan secara hati-hati untuk berbaring di tempat tidur dengan kepala masih dalam posisi miring 45 derajat. Pertahankan posisi selama 30–60 detik hingga pusing mereda. Dalam keadaan berbaring, arahkan kepala 90 derajat ke arah berlawanan dan tahan posisi ini selama 30–60 detik hingga pusing mereda. Sambil tetap mempertahankan posisi kepala, posisikan tubuh menghadap ke sisi kepala yang miring. Jika pusing sudah terasa berkurang, Anda bisa kembali duduk secara perlahan-lahan. > Half Somersault atau Foster Maneuver: Anda bisa melakukan gerakan half sommersault dengan langkah-langkah berikut ini: Ambil posisi berlutut dan tatap langit-langit selama beberapa detik. Bungkukkan badan hingga dahi menyentuh lantai dan menghadap kedua lutut sehingga menyerupai posisi bersujud. Pertahankan posisi ini selama kurang lebih 30 detik. Masih dalam posisi yang sama, miringkan kepala 45 derajat ke sisi yang mengalami vertigo. Misalnya, jika pusing berputar ke arah kiri, posisikan kepala Anda ke sebelah kiri. Pertahankan selama 30 detik. Angkat kepala dengan cepat hingga sejajar dengan punggung, sedangkan lutut dan kedua tangan menyentuh lantai. Pertahankan kepala pada kemiringan 45 derajat selama 30 detik. Tegakkan kepala sambil miring ke sisi yang terkena vertigo dan cobalah berdiri secara perlahan-lahan. Jika gejala vertigo masih terasa, ulangi gerakan tersebut dengan jarak waktu 15 menit. Jika Anda kesulitan mengikuti gerakan-gerakan di atas, Anda dapat mempelajari manuver Epley atau manuver Foster melalui video tutorial di internet. Semoga Membantu 🙂
15:13 23/03/2021