[Bayi & Balita]
Hafni Mahdi
Usia berapa bayi bisa diberikan garam, minyak, dan makanan dingin? Dan brpa porsi sekali makan untuk bayi usia dibawah 1 tahun
15:44 23/03/2021
Diah Apriyani, S.Gz ahligizi
Hai Bunda Hafni Mahdi, Garam, minyak, dan makanan dingin bisa diberikan sejak usia Si Kecil berusia 6 bulan. Untuk garam, sebenarnya tidak ada takaran khusus. Bunda dapat coba rasanya, selama tidak berlebihan tidak masalah (hanya sebagai penambah rasa makanan saja). Untuk minyak, Bunda bisa berikan minyak zaitun, canola, ataupun jenis minyak lainnya sebagai lemak tambahan. Makanan dingin juga boleh diberikan kapan saja, namun pastikan disesuaikan juga dengan selera kecil. Makanan dingin ini justru sangat membantu ketika Si Kecil sedang dalam proses tumbuh gigi karena dapat memberinya rasa lebih nyaman. Dan untuk porsi makan Si Kecil * Usia 6-9 Bulan Porsi makan 2/3 sdm sampai 125 ml dengan frekuensi makan 2-3 kali sehari makan utama, 1 kali snack dan bentuknya lumat (kental) * Usia 9-12 Bulan Porsi makan 125 ml sampai 250 ml dengan frekuensi makan 3-4 kali sehari makan utama, 1-2 kali snack dan bentuknya lumat atau bertahap menjadi cincang kasar *Usia diatas 1 tahun Porsi makan 200-250 ml dengan frekuensi makan3-4 kali sehari makan utama, 1-2 kali snack dan bentuknya mengikuti makanan keluarga Semoga membantu :)
15:39 14/09/2021