[Masalah Berat Badan]
Fithriyah Nur Azizah
Bagaimana cara menurunkan BB selain mengurangi jumlah kalori dan olahraga saya sudah melakukan diet tsbt ttpi blum ada perubahan. Bagaimana baiknya?
21:57 23/03/2021
Aprilia Ayu Sholihati Nafisah, S.Gz. ahligizi
Halo Kak Fithriyah. Terima kasih sudah bertanya melalui platform kami ๐Ÿ˜„ Pada prinsipnya sudah benar bahwa untuk menurunkan berat badan adalah dengan defisit kalori dan meningkatkan aktivitas fisik atau olahraga. Jika belum ada perubahan, artinya pola makan dan aktivitas fisik yang dijalani kemungkinan belum tepat. Banyak sekali pertanyaan yang harus digali untuk permasalahan ini, Kak. Kak Fithriyah boleh sharing pengurangan jumlah kalori selama ini sebanyak berapa kalori? Apakah sudah dihitung berdasarkan kebutuhan kalori total harian? Apakah sudah memperhatikan pembagian % zat gizi makro (karbohidrat, protein, lemak)? Kemudian, olahraga apa yang selama ini dilakukan? Apakah sudah mencoba melakukan kombinasi latihan (endurance, strength, balance, flexibility)? Berapa lama frekuensi olahraga dalam satu minggu? Sudah berapa lama melakukan diet defisit kalori dan rutin olahraga? Saat ini, berat badan dan tinggi badan Kak Fithriyah berapa? Maaf ya Kak, terkesan pertanyaannya bertubi-tubi, namun memang harus digali lebih dalam untuk melakukan evaluasi agar program dietnya mengalami kemajuan ๐Ÿ™๐Ÿป Tetap semangat dan sehat selalu Kak ๐Ÿ˜Š
07:50 24/03/2021
Fithriyah Nur Azizah
Wah terimakasiih dokk. BB saya skrg 62 TB nya 155 Untuk pengurangan kalori saya mengurangi hingga 1000 kkl jadi saya mengonsumsi 1500-1200 kkl dan saya mengikuti saran diet pengurangan kkl Untuk olahraga yg saya lakukan setiap minggu kurg lebih 3-5 jamdan itu sudah mencakupi endurance, strength, balence dll Namun saya memang msh sering memakan goreng2an dan hitung kkalnya mungkin kurang akurat Seperti itu dok terimakasih ๐Ÿ™๐Ÿฅฐ
08:18 24/03/2021
Baik, kita coba diskusi di sini ya Kak ๐Ÿ˜Š Usianya saat ini berapa tahun? Lalu untuk saran diet pengurangan kalori itu atas saran dari siapa atau dari membaca suatu artikel? Apakah sedang ada kondisi khusus (misal sakit, sedang hamil, busui, dsb)? Ohiya, Kak, pertanyaan sebelumnya terkait sejak kapan melakukan pola makan dan olahraga ini sepertinya belum terjawab ๐Ÿ˜Š
09:21 24/03/2021
Fithriyah Nur Azizah
-Usia saat ini 19 thn -Saya melihat dri buku penyusunan diet dok ,Tidak dalam kondisi khusus -sejak sebulan yg lalu tapi tidak rutin dok hehe kadang saya masih bandel buat makan2 berminyak dan es yg tinggi kalori dan untuk olahraga rutin dok tapi mungkin aktifitas fisiknya kurang saya hanya belajar saja dan sering duduk dan memiliki keturunan BB berlebih dok Terimakasih ๐Ÿ™
09:30 24/03/2021
Sejak sebulan yang lalu, sudah mengalami penurunan berapa kilogram Kak? Kondisi penurunan berat badan yang dapat dikatakan sehat adalah penurunan 0,5 - 1 kg/minggu. Saya bantu hitung untuk indeks massa tubuh (IMT) Kak Fithriyah adalah 25.81 sehingga masuk ke kategori kelebihan berat badan ringan/pre-obesitas/overweight. Berdasarkan kondisi sekarang, kebutuhan kalori hariannya adalah 1991 kalori dengan kebutuhan energi basal adalah 1448 kalori. Saya menghitung dengan bantuan Kalkulator Gizi yang tersedia di aplikasi Dietducate. Pengurangan kalori yang sudah Kak Fithriyah lakukan sebanyak 1000 kalori itu cukup ekstrem dengan kondisi Kak Fithriyah yang tidak obesitas. Baiknya dikurangi maksimal 500 kalori saja dulu dari kebutuhan kalori harian. Jika kebutuhan kalori hariannya 1991 kalori, dapat dibulatkan menjadi 2000 kalori, maka dikurangi 500 kalori menjadi 1500 kalori sehingga itu pun masih di atas kebutuhan energi basal. Kebutuhan energi basal itu penting Kak. Itu adalah energi untuk jantung bisa berdetak, otak bisa berpikir, paru-paru bisa memompa udara, dan kebutuhan vital tubuh lainnya. Kemudian, untuk aktivitas fisik olahraga 3-5 jam dalam seminggu atau sekitar 180-300 menit itu juga berlebihan, Kak. Apakah Kakak seorang atlet? Jika bukan, anjurannya 150 menit dalam seminggu Kak. Over-exercise dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, salah satunya perubahan hormonal dan metabolisme yang malah membuat berat badan naik lagi. Sepertinya alasan kenapa penurunan berat badan dari Kak Fithriyah stuck karena over-exercise. Kak Fithriyah harus memiliki mindset untuk mengatur pola makan dan melakukan aktivitas fisik untuk mencapai kondisi tubuh sehat yang optimal, bukan hanya sekedar untuk menurunkan berat badan. Diet penurunan berat badan itu harus secara bertahap (bukan 1-2 minggu atau 1-2 bulan saja) karena jika langsung turun drastis dalam waktu singkat, biasanya akan lebih mudah untuk naik lagi dan malah bisa lebih tinggi daripada berat badan sebelum mulai program penurunan berat badan. Pilih pola makan dan aktivitas fisik yang bisa dilakukan secara berkelanjutan, jadi kalau target berat badan ideal yang sehat sudah tercapai, masih bisa mempertahankan berat badannya karena sudah memiliki pola hidup yang baik. Saran saya: 1. Maksimal defisit kalori sebanyak 500 kalori per hari, sehingga dalam sehari bisa mengkonsumsi minimal 1500 kalori (kalori di atas kebutuhan energi basal). 2. Kurangi secara bertahap untuk durasi waktu olahraganya agar tidak over-exercise. Sebaiknya aktivitas fisik olahraga selama 5 kali dalam seminggu masing-masing 30 menit. Beri jeda dua hari (tidak berurutan) agar tubuh juga memiliki waktu untuk istirahat. 3. Perhatikan % pemenuhan kebutuhan zat makronutrien yaitu karbohidrat 50 โ€“ 60%, lemak 30 โ€“ 35%, dan protein 10 -15%. Kebutuhan serat sekitar 25 gram/hari dan cairan 2 liter per hari. 4. Ikuti pedoman dari Kementerian Kesehatan RI tentang "Pedoman Gizi Seimbang" dan "Tumpeng Gizi Seimbang". 5. Coba gunakan aplikasi Dietducate pada menu Meal Plan untuk mencatat konsumsi makanan dalam sehari, dan eksplor menu Kalkulator Gizi pada bagian Kebutuhan Energi Dewasa dan Status Gizi Dewasa. 6. Kebutuhan energi dan status gizi dapat berubah dari waktu ke waktu sesuai berat badan, tinggi badan, usia, jenis kelamin, dan aktivitas fisik sehingga jika terjadi perubahan perlu dilakukan perhitungan ulang. Ohiya, saya ahli gizi kok, bukan dokter, hehe. Kak Fithriyah tetap semangat ya memperbaikinya ๐Ÿ˜Š Semoga apa yang saya jelaskan dapat membantu, silakan bertanya lagi apabila ada yang belum jelas. Ingat ya, tujuannya adalah untuk memiliki pola hidup sehat ๐Ÿงก
12:09 24/03/2021
Fithriyah Nur Azizah
Terimakasih banyak dok atas sarannya saya akan coba untuk mengikuti sarannya dan semoga berhasil ๐Ÿ™๐Ÿฅฐ๐Ÿฅฐ hehe gpp kali ya saya panggil dok aja ๐Ÿฅฐ
12:15 24/03/2021
Fithriyah Nur Azizah
Sudah mengalami penurunan BB 1 kg tetapi kadang naik turun terus tidak stabil jdinya dan saya bukan atlet dok hehe Terimakasih ๐Ÿ™
12:19 24/03/2021
Sama-sama, Kak Fithriyah ๐Ÿ˜Š๐Ÿ™๐Ÿป Saya doakan semoga berhasil mencapai target dan sehat selalu ya. Hehe yasudah, monggo mau dipanggil apa ๐Ÿ˜
12:19 24/03/2021
Fithriyah Nur Azizah
Aamiin ๐Ÿคฒ terimakasih dok ๐Ÿ˜Š nnt saya akan konsul kembali jika ada perubahaan atau tidak
15:46 24/03/2021