[Lanjut Usia]
Gumiie Gum
Dok saya mau tanya makanan untuk pasien sonde apa ya selain susu?
04:39 26/11/2018
Nidzo Mudin Arrifani ahligizi
Hallo Gumiie,
Sonde (makanan enteral) diberikan pada pasien yang tidak memungkinkan mendapat intake melalui oral, mengalami gangguan kesadaran dan lain-lain, makanan enteral diberikan untuk memenuhi kebutuhan optimal pasien. Makanan enteral dikelompokkan dalam makanan enteral komersial dan makanan enteral rumah sakit (diproduksi secara mandiri oleh rumah sakit seperti RS Saiful Anwar Malang). Makanan enteral komersial disajikan dalam bentuk instan layaknya saat kita menyeduh susu, namun makanan enteral komersial memiliki harga yg relatif tinggi. Hal ini lah yang mendorong beberapa rumah sakit untuk memproduksi makanan enteral secara mandiri baik dalam bentuk instan atau blenderized food.
Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat makanan enteral secara mandiri adalah:
- Kandungan zat gizi sesuai kebutuhan ideal (1 kkal dalam 1 cc)
- Komposisi umum zat gizi adalah
karbohidrat : 60-70%
protein : 15-20%
lemak : 20-30%
- Osmolalitas 350 - 400 m
- Mudah diabsorbsi
- Tanpa atau mengandung serat
- Bebas atau rendah laktosa
- Bebas atau rendah dari bahan yang mengandung purin dan kolesterol
Saat ini telah banyak studi terkait pengembangan makanan enteral, Anda dapat search melalui browser pencarian. Terimakasih semoga menjawab ^_^ .
- Komposisi umum zat gizi adalah
karbohidrat : 60-70%
protein : 15-20%
lemak : 20-30%
- Osmolalitas 350 - 400 m
- Mudah diabsorbsi
- Tanpa atau mengandung serat
- Bebas atau rendah laktosa
00:32 27/11/2018