[Masalah Berat Badan]
anonim
Bagaimana cara menurunkan berat badan dalam waktu cepat
16:06 24/03/2021
Aghniya Nailah Rifdah, S.Gz ahligizi
Halo kak, terima kasih sudah bertanya di Dietducate 😊
Penurunan berat badan idealnya sekitar 0,5-1 kg/minggu atau 2-4 kg/bulan.
Berat badan yang berkurang secara drastis lebih dari 1 kg/minggu atau lebih dari 5 kg/bulan umumnya akan mengurangi massa air dan otot, bukan massa lemak. Padahal poin utama dari penurunan berat badan adalah mengurangi massa lemak.
Perlu kakak ketahui bahwa otot adalah sumber energi untuk membakar lemak. Jadi kalau ototnya berkurang maka metabolisme tubuh akan menurun sehingga proses pembakaran lemak pun lebih lambat dan terjadi penumpukan lemak.
Pada kondisi tersebut, mungkin berat badan akan berkurang tapi sebenarnya lemak di dalam tubuh malah menumpuk, karena seperti yang sudah saya sebutkan di awal bahwa penurunan berat badan secara drastis akan mengurangi massa otot dan air, bukan lemak.
Penumpukan lemak dalam tubuh akan menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan, yakni obesitas, kolesterol LDL tinggi, penyakit jantung, dan penyakit degeneratif lainnya.
Bila berat badan berhasil turun secara cepat, lalu kita tidak disiplin dalam mengatur pola makan dan tidak melakukan aktivitas fisik, maka kemungkinan berat badan akan meningkat lebih banyak bahkan bisa sampai 2x lipat dari sebelumnya.
Ketidakdisiplinan ini disebabkan kita cenderung bosan dengan diet sebelumnya karena terlalu ekstrim, dan merasa bahwa nantinya berat badan akan mudah turun lagi secara cepat.
Selain itu, penurunan berat badan secara cepat dapat menimbulkan hal-hal yang malah membahayakan tubuh kita, di antaranya massa otot berkurang, anemia, dehidrasi, sakit kepala, siklus haid tidak teratur, rambut rontok, bahkan meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, kolesterol LDL tinggi.
Diet adalah pengaturan pola makan untuk mencapai kesehatan jangka panjang, bukan dalam durasi tertentu. Jadi sebaiknya kita pilih diet yang bisa kita lakukan seumur hidup dan tidak menyiksa kita. Jika kita melakukan diet yang tepat, meskipun butuh waktu lama untuk turun berat badannya, tapi yang penting kita sehat.
Oya kakak juga dapat membaca tips untuk menurunkan berat badan secara alami di artikel ini
https://ahligizi.id/blog/?p=75
Demikian kak, semoga bermanfaat. Semangat terus yaa kak 💪
09:01 25/03/2021