[Masalah Berat Badan]
novia safitri
Kak diet untuk mencapai BB idela, dngan BB 67 TB 154 untuk kbuthan nya gmna
17:32 24/03/2021
Aghniya Nailah Rifdah, S.Gz ahligizi
Halo Kak Novia, terima kasih sudah bertanya di Dietducate 😊 Sebelumnya kakak perlu mengetahui terkait IMT (Indeks Massa Tubuh), yakni suatu ukuran untuk menentukan status gizi seseorang, yang dirumuskan sebagai berikut : IMT = Berat Badan (kg) / Tinggi Badan (m)² Kategori hasil IMT : <17 : Sangat kurus 17 - <18,5 : Kurus 18,5 - 25 : Normal >25 - 27 : Overweight >27 : Obese Berdasarkan data yang kakak berikan, nilai IMT kakak adalah 28,25 kg/m³, sehingga tergolong obesitas. Untuk berat badan ideal (BBI) didapatkan dari rumus : BBI (kg) = [Tinggi badan (cm) - 100] - [10% dari tinggi badan (cm) - 100] Dengan berat minimum dan maksimum masing-masing ±10% dari nilai BBI. Sehingga berat badan ideal kakak adalah 48,6 kg dengan berat minimum 43,7 kg dan maksimum 53,5 kg. Minimal kakak harus mengurangi 13,5 kg untuk mencapai batas maksimum berat badan ideal kakak (53,5 kg). Nah pengurangan berat badan yang dianjurkan adalah 0,5-1 kg/minggu kak. Jadi kakak bisa mengurangi 13,5 kg maksimal selama 13 minggu atau 3 bulan 1 minggu ya. Untuk perhitungan kebutuhan energi kakak, saya butuh data usia dan aktivitas kakak apakah termasuk sangat ringan, ringan, sedang, atau berat. Berikut penggolongan aktivitas fisik : 1. Sangat ringan/jarang sekali : gaya hidup sedentary seperti banyak duduk, banyak istirahat, kerja kantoran, menyetir, pekerjaan rumah biasa, tidak melakukan latihan (exercise) atau peregangan otot 2. Ringan/sedikit aktif : Tidak terengah-engah. Kegiatan sehari-hari dan lebih berat seperti berdiri lebih lama dalam perkerjaan rumah, cuci piring, masak, jalan santai, memancing, latihan ringan seperti jalan pelan, peregangan, berkebun 3. Sedang/aktif : Sedikit lelah, sedikit duduk/istirahat, kerja di lingkungan yang butuh berdiri. Menggendong anak usia 2-6 tahun, naik tangga, olahraga ringan teratur seperti jalan cepat, bersepeda 4. Berat/sangat aktif : Terengah-engah. Lingkungan kerja fisik intensif seperti konstruksi/kegiatan berat. Olahraga rutin seperti jogging, berenang, pakai peralatan olahraga, olahraga fisik (basket, sepak bola, voli, bulutangkis dan sebagainya) Demikian kak, semoga membantu 😊
10:01 25/03/2021