[Masalah Berat Badan]
anonim
Saya diet defkal dari agustus 2020 sampai maret ini baru turun 16 kg saja..apakah sudah benar penurunannya atau terlalu lambat?
18:55 24/03/2021
Aghniya Nailah Rifdah, S.Gz ahligizi
Halo kak, terima kasih sudah bertanya di Dietducate 😊
Penurunan berat badan yang dianjurkan adalah 0,5-1 kg/minggu kak. Jadi kalau kakak sudah turun 16 kg dari Agustus 2020 hingga Maret 2021, yakni ±8 bulan, maka bisa dikatakan sesuai standar.
Untuk mengetahui kondisi kakak sekarang apakah sudah berstatus gizi normal dan sudah mencapai berat badan ideal, saya butuh data berat badan dan tinggi badan kakak.
Atau kakak bisa hitung menggunakan rumus IMT (Indeks Massa Tubuh) dan BBI (Berat Badan Ideal).
IMT adalah suatu ukuran untuk menentukan status gizi seseorang, yang dirumuskan sebagai berikut :
IMT = Berat Badan (kg) / Tinggi Badan (m²)
Kategori hasil IMT :
<17 : Sangat kurus
17 - <18,5 : Kurus
18,5 - 25 : Normal
>25 - 27 : Overweight
>27 : Obese
Kemudian untuk berat badan ideal (BBI) didapatkan dari rumus berikut :
BBI (kg) = [Tinggi badan (cm) - 100] - [10% dari tinggi badan (cm) - 100]
Bagi laki-laki yang memiliki tinggi badan <160 cm bagi laki-laki dan perempuan <150 cm tidak perlu dikurangi 10%(tinggi badan - 100).
BB normal adalah BB ideal ± 10%.
Demikian kak, semoga membantu 😊
11:17 25/03/2021