[Masalah Berat Badan]
yulia fatmala
Bagaimana menu perhari buat menurunkan berat badan
20:05 24/03/2021
Aghniya Nailah Rifdah, S.Gz ahligizi
Halo Kak Yulia, terima kasih sudah bertanya di Dietducate 😊
Prinsip diet untuk penurunan berat badan adalah rendah kalori, rendah lemak jenuh, tinggi protein, tinggi serat, cukup cairan.
Berikut daftar bahan makanan yang dianjurkan dan tidak dianjurkan untuk menurunkan berat badan :
1. Sumber karbohidrat
Yang dianjurkan : karbohidrat kompleks seperti nasi, jagung, ubi, singkong, talas, kentang, gandum utuh, oat, sereal tanpa gula
Yang tidak dianjurkan : karbohidrat sederhana seperti gula pasir, gula merah, sirup, selai, dodol, krimer kental manis, kue manis, cake, biskuit, pastry, roti manis
2. Sumber protein hewani
Yang dianjurkan : daging tanpa lemak, ayam dan ikan tanpa kulit, telur, susu dan keju rendah lemak
Yang tidak dianjurkan : daging berlemak, daging yang diolah dengan santan kental, digoreng, jeroan, susu full cream
3. Sumber protein nabati
Yang dianjurkan : tempe, tahu, kacang-kacangan yang diolah tanpa digoreng, susu nabati (susu kedelai, susu almond, dan sebagainya)
Yang tidak dianjurkan : yang diolah dengan digoreng atau pakai santan kental
4. Sayuran
Yang dianjurkan : sayuran yang mengandung banyak serat, dan diolah tanpa santan kental.
Yang tidak dianjurkan : diolah dengan santan kental
5. Buah-buahan
Yang dianjurkan : buah-buahan segar yang mengandung banyak serat
Yang tidak dianjurkan : durian, manisan buah, jus buah bergula, buah yang diolah dengan gula, susu full cream, krimer kental manis
6. Lemak
Yang dianjurkan : minyak kedelai, minyak jagung, minyak biji bunga matahari, minyak canola yang digunakan untuk menumis
Yang tidak dianjurkan : minyak kelapa, kelapa, santan
Hindari menu yang digoreng. Utamakan rebus, kukus, pepes, ungkep, panggang, atau tumis dengan sedikit minyak.
Berikut contoh menu sehari :
Pagi sebelum jam 09.00 : roti bakar, telur orak arik, selada/tomat, buah
Selingan jam 10.00 : buah, susu skim (rendah lemak)
Siang : nasi, pepes ikan, tahu bacem, sayur asam, lalapan, buah
Selingan jam 16.00 : pisang kukus, teh tawar
Malam sebelum jam 19.00 : kentang panggang, semur ayam, tumis tempe, sup sayuran (brokoli, wortel, buncis), buah
Bila malam masih terasa lapar, kakak bisa konsumsi buah. Jangan lupa minum air putih ±2000 ml atau sekitar 8 gelas/hari.
Demikian kak, semoga membantu 😊
10:50 25/03/2021
yulia fatmala
Trimakasih kak
10:54 25/03/2021