[Masalah Berat Badan]
anonim
Apakah serat mempengaruhi kegiatan diet yg dijalani
13:43 25/03/2021
Aghniya Nailah Rifdah, S.Gz ahligizi
Halo kak, terima kasih sudah bertanya di Dietducate :) Betul kak, serat terutama jenis serat tidak larut dapat membantu proses penurunan berat badan, karena dapat memperlambat waktu pengosongan lambung sehingga menahan nafsu makan. Selain itu juga dapat mencegah konstipasi Makanan yang kaya serat tidak larut : beras tumbuk, gandum, beras merah, sayuran, buah-buahan. Sedangkan pada serat jenis serat larut, dapat menurunkan kadar kolesterol darah dengan cara mengikat asam empedu yang digunakan untuk mencerna lemak, sehingga tubuh harus memproduksi asam empedu dari simpanan kolesterol tubuh. Dengan begitu, kadar kolesterol darah dapat berkurang. Makanan yang kaya serat larut : oat, kacang-kacangan, sayuran, buah-buahan. Ini semua tentu perlu diimbangi dengan pola makan sesuai Gizi Seimbang dan aktivitas fisik yang cukup ya kak, serta disiplin dan konsisten dalam menjalaninya. Semoga sehat selalu kak :)
12:47 30/03/2021