[Masalah Berat Badan]
anonim
Bgaimana cara diet untuk pemula, dan juga cara mengurangi cemilan saat diet
12:29 27/03/2021
Aghniya Nailah Rifdah, S.Gz ahligizi
Halo Kak, terima kasih sudah bertanya di Dietducate 😊
Untuk pemula, kakak bisa ikuti prinsip 3J ya kak, yakni atur Jadwal, Jumlah, Jenis.
Pertama, kakak bisa perbaiki bisa jadwalnya, menjadi seperti ini : 3 kali makan utama dan 2 kali selingan.
- Sarapan jam 07.00 (usahakan sebelum jam 09.00)
- Selingan pagi jam 10.00
- Makan siang jam 12.00
- Selingan sore jam 16.00
- Makan malam jam 19.00 (usahakan maksimal 2 jam sebelum tidur)
Bila kakak sudah bisa menerapkan pola tersebut dengan baik, kakak bisa lanjut ke tahap kedua, yakni atur jumlah.
Usahakan agar jumlah makanan dan minuman yang kakak konsumsi sesuai dengan kebutuhan energi kakak sehari. Kakak bisa menghitungnya di fitur Kalkulator Gizi ya kak.
Berikutnya atur jenis.
Konsumsi makanan beragam ya kak. Sebaiknya dalam sekali makan utama mengandung 4 komponen, yakni makanan pokok, sayur, lauk pauk, buah.
Jangan lupa untuk memvariasikan tiap kelompok pangannya.
Untuk cemilan, kakak bisa pilih yang kaya serat seperti buah segar, jus/smoothies rendah gula/kental manis, kacang-kacangan, umbi-umbian rebus/kukus.
Dan juga kaya protein seperti susu, yogurt, kacang-kacangan. Kakak juga bisa konsumsi cookies yang dibuat sendiri dengan menambahkan sumber serat seperti oat, gandum utuh, chia seeds, tepung umbi2an, dll.
Hindari makanan dan minuman yang terlalu manis, asin dan berlemak.
Tips lain untuk cemilan :
*Rujak, gado-gado, karedok, urap, pecel : gula sedikit aja
*Bubur kacang ijo / bubur sumsum dengan santan yang tidak dipanaskan ulang, lebih baik lagi tanpa santan, dan gula sedikit aja
*Pempek direbus/kukus, cuko sedikit aja
*Gorengan usahakan buatan sendiri, konsumsi sesedikit mungkin, bisa 1 potong saja tiap makan dan <4x/pekan
*Es kelapa muda gula sedikit aja, lebih baik lagi tanpa gula
*Teh gula sedikit, lebih baik lagi tanpa gula
*Kopi encer gula sedikit, lebih baik lagi tanpa gula
Semog membantu ya kak 😊
22:34 29/03/2021
anonim
Terimakasih dok informasinya..
Sya mau tnya lg, bgaimana cara tau kebutuhan energi sndiri? Apakah stiap org brbeda2? dan rata2 dr kebanyakn org brp energi yg dibutuhkan stiap hriny?
04:00 30/03/2021
Aghniya Nailah Rifdah, S.Gz ahligizi
Betul kak, setiap orang memiliki kebutuhan energi yang berbeda. Kakak bisa mengetahui kebutuhan energi kakak sehari di fitur "Kalkulator Gizi".
Kemudian kakak bisa menggunakan fitur "Meal Planner" untuk mengontrol asupan harian kakak, dengan memasukkan makanan dan minuman yang sudah kakak konsumsi, serta aktivitas yang sudah kakak lakukan di hari tersebut ya.
Semangat kaak 💪😊
10:17 30/03/2021