[Masalah Berat Badan]
anonim
Saya ga tau cara hitung kalori pada makanan ygdimasak sama mama saya
14:19 29/03/2021
Aghniya Nailah Rifdah, S.Gz ahligizi
Halo kak, terima kasih sudah bertanya di Dietducate 😊
Tidak apa-apa kak, asalkan menu yang kakak konsumsi dalam sekali makan itu beragam dengan jumlah yang tepat.
Beragam maksudnya adalah ada makanan pokok, lauk pauk, sayuran, buah.
Kakak bisa mengadopsi anjuran sajian sekali makan dengan model "Isi Piringku", yakni :
- Jumlah sayur sama seperti makanan pokok, masing-masing 2/3 dari piring yang dibagi 2
- Jumlah buah sama dengan lauk pauk, masing-masing 1/3 dari piring yang dibagi 2.
Untuk visual Isi Piringku bisa kakak lihat di google ya kak.
Bila mama sedang tidak memasak sayur, kakak bisa penuhi porsi sayuran dengan lalapan seperti timun, tomat, selada, daun kemangi.
Oya kak, karena lalapan cenderung dikonsumsi dalam keadaan mentah, kakak harus pastikan lalapan tersebut diperoleh dari tempat penjual yang bersih dan bebas dari cemaran.
Kemudian cuci bersih lalapan dengan air mengalir sebelum dikonsumsi.
Jangan lupa juga untuk cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum makan.
Semoga membantu ya kak 😊
21:43 29/03/2021