[Masalah Berat Badan]
Benni Sonia
Bagaimna cara menurutkan berat badan dengan mudah dan cepat dok?
19:57 29/03/2021
Aghniya Nailah Rifdah, S.Gz ahligizi
Halo Kak Benni, terima kasih sudah bertanya di Dietducate 😊
Penurunan berat badan idealnya sekitar 0,5-1 kg/minggu atau 2-4 kg/bulan kak.
Berat badan yang berkurang secara drastis lebih dari 1 kg/minggu atau lebih dari 5 kg/bulan umumnya akan mengurangi massa air dan otot, bukan massa lemak. Padahal poin utama dari penurunan berat badan adalah mengurangi massa lemak.
Perlu kakak ketahui, penurunan berat badan secara cepat dapat menimbulkan hal-hal yang malah membahayakan tubuh kita kak, di antaranya berat badan dapat meningkat lebih banyak, anemia, dehidrasi, sakit kepala, siklus haid tidak teratur, rambut rontok, bahkan meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, kolesterol LDL tinggi.
Sebenarnya untuk menurunkan berat badan sesuai standar cukup mudah dilakukan kak, asalkan kakak disiplin dalam menjalankannya.
Apabila kakak mengalami overweight atau obesitas, kakak bisa mengadopsi anjuran sajian sekali makan utama dengan piring Model T, yakni :
- 1/2 piring adalah sayuran dan buah sebagai sumber vitamin, mineral, serat pangan.
- 1/4 piring adalah sumber karbohidrat seperti beras, umbi2an, gandum, pasta.
- 1/4 piring lainnya adalah sumber protein berupa lauk pauk.
Beberapa tips lain dalam penurunan berat badan :
1. Kurangi konsumsi makanan dan minuman manis, asin, berlemak.
2. Utamakan menu yang diolah dengan cara selain digoreng, yakni direbus, dikukus, dipepes, diungkep, dipanggang, ditumis.
3. Untuk makanan selingan (snack) utamakan kaya serat dan protein.
4. Cukup konsumsi air putih. Kakak bisa mengonsumi air putih sebelum makan. Hal ini cukup membantu untuk menekan rasa lapar saat makan sehingga makan tidak terlalu banyak.
5. Gunakan piring ukuran sedang agar porsi yang diambil tampak cukup dan tidak terlalu banyak.
6. Hindari stress juga ya kak, karena stress berlebih dapat memicu penimbunan lemak lebih banyak.
7. Jangan lupa tingkatkan aktivitas fisik kak, akan lebih baik lagi bila ditambah latihan fisik dengan kombinasi cardio dan resistance training.
Meski hasil dari diet yang benar terlihat cukup lama dibanding yang dijanjikan pada iklan-iklan produk pelangsing, tapi terbayar dengan perasaan bahagia saat menjalankannya dan berkurangnya risiko mengalami penyakit terkait kegemukan di kemudian hari kak.
Semoga membantu ya kak, sehat selalu 😊
21:18 29/03/2021