[Masalah Berat Badan]
Warta Al Irsyad Jember
Halo dok, saya mau bertanya dok bagaimana cara menurunkan berat badan yang baik, karena saya sudah mengurangi porsi makan tetapi tetap saja gemuk.mksh dok
12:17 30/03/2021
Aghniya Nailah Rifdah, S.Gz ahligizi
Halo Kak Warta, terima kasih sudah bertanya di Dietducate :) Prinsip penurunan berat badan yang tepat tidak hanya mengatur pola makan saja kak, tapi juga diimbangi dengan aktivitas fisik dan olahraga yang cukup. Terkait kondisi kakak, ada beberapa pertanyaan yang perlu digali lebih dalam, mohon sharingnya ya kak : 1. Berapa berat badan, tinggi badan dan usia kakak saat ini? 2. Apakah kakak sudah menghitung kebutuhan energi kakak sehari di fitur "Kalkulator Gizi"? 3. Apakah jumlah kalori yang kakak konsumsi sudah dikurangi dengan 500 kkal dari kebutuhan energi kakak sehari? 4. Apakah kakak sudah memperhatikan pemilihan jenis makanan dan minuman yang dianjurkan untuk menurunkan berat badan? 5. Apakah kakak sudah makan di waktu yang tepat? Yakni 3 kali makan utama dan 2 kali selingan, dengan rincian sebagai berikut : Sarapan jam 07.00 Selingan pagi jam 10.00 Makan siang jam 12.00 Selingan sore jam 16.00 Makan malam jam 19.00 6. Bagaimana kegiatan sehari-hari kakak? 7. Apakah kakak sudah membiasakan diri untuk meningkatkan aktivitas fisik? 8. Apakah kakak sudah rutin melakukan olahraga atau latihan fisik? 9. Apa jenis olahraga atau latihan fisik yang biasa kakak lakukan? 10. Berapa frekuensi dan durasi olahraga atau latihan fisik yang sudah kakak lakukan dalam sepekan? 11. Apakah kakak sudah cukup istirahat dan terhindar dari stress? 12. Apakah kakak sedang dalam kondisi sehat atau sakit? Mohon maaf kak bila pertanyaannya terlalu banyak, hal ini diperlukan untuk evaluasi lebih lanjut agar keinginan kakak untuk menurunkan berat badan menjadi ideal tercapai. Semangat dan sehat selalu ya kak :)
13:21 30/03/2021