[Masalah Berat Badan]
Funny Firsty Virgiana
Hai dok nama aku Funny First Virgiana aku mahasiswa sekaligus menyambang sebagai karyawan part time di salah satu restoran di kuningan. berat badan ku skrng hampir 67 kg. Aku ingin sekali diet tapi masalah ku tidak adanya konsisten dalam diri aku. Untuk olahraga saja bisa di itung jari karna tidak adanya waktu dan dulu aku pernah terkena Ligamen dan dokter menyarankan aku untuk tidak olahraga berat. Bagaimana caranya saya untuk diet ya dok?
17:02 04/12/2018
Juwita Kulsum,S.Gz ahligizi
hallo funny, terima kasih sudah menggunakan aplikasi dieducate
utk prinsipnya adalah restriksi/defisit kalori, kalori yg masuk harus lebih rendah Dari kebutuhan normal, tapi tidak boleh kurang Dr kebutuhan basal.
perhitungan energy perlu data tambahan tinggi badan Dan usia.
Cara paling sederhana utk diet adalah dengan mengurangi makanan separuh Dari asupan biasanya, hindari makanan berlemak tinggi(gorengan, jeroan), makanan manis (tepung tepungan)
anda bisa mulai dengan menggurangi nasi putih, mengganti nasi putih dengan nasi merah atau sumber karbohidrat kompleks lainnya (kentang, oat, quinoa , ubi)
ayam goreng --> ayam bakar
Tumisan --> sayur berkuah/lalapan
tahu goreng --> tahu panggang/kukus/pepes
ganti cemilan manis , tepung tepungan Dan gorengan dengan buah buahan.
utk jenis olahraga bisa konsul dulu ke dokter spesialis kedokteran olahraga /pelatih olahraga
semoga bisa membantu ya
08:43 07/02/2020