[Diet Asam Urat]
Kreo Ariefvina
Bagai mana cara nenurun kan berat badan bagi penderita asam urat dan kolestrol dok??
07:05 01/04/2021
Eka Sariningsih, S.Gz ahligizi
Selamat Pagi kak Kreo 🥰
Terima Kasih sudah bertanya di Dietducate 🙏
Cara menurunkan berat badan bagi penderita asam urat dan kolesterol dengan diet gizi seimbang dengan menghindari makanan yang tinggi purin dan kolesterol. Untuk makanan tinggi purin seperti jerohan, kaldu, kacang, emping dan tape. Makanan yang dibatasi antara lain daging sapi, daging ayam, ikan tongkol, tenggiri, bawal, bandeng, kerang, udang dibatasi maksimum 50 gram/hari. Sumber protein nabati yang dibatasi diantaranya tempe, tahu maksimum 50gram/hari dan kacang-kacangan (kacang hijau, kacang tanah, kedelai) paling banyak 25gram/hari. Sayuran yang dibatasi yaitu bayam, buncis, daun/biji melinjo, kapri, kacang polong, kembang kol, asparagus, kangkung dan jamur maksimum 100gr/hari. Teh kental atau kopi sebaiknya dihindari. Penderita asam urat disarankan banyak minum air putih dan cairan jus buah karena air membantu mengeluarkan asam urat melalui urin.
Makanan tinggi kolesterol seperti kuning telur, otak dan jerohan seperti hati, usus, dan babat. Jajanan seperti lapis legit, tarcis, kue-kue kering, gorengan, keripik kentang, demikian pula makanan manis seperti selai, sirup, eskrim. Makanan yang dimasak dengan santan kental seperti gudeg, gulai, dan kare.
Sekian jawaban dari saya, semoga dapat memberikan pencerahan ya kak 🥰 stay healthy 🥰
07:25 01/04/2021