[ASI & Menyusui]
anonim
MPASI untuk anak umur 6 - 12 bulan bagaimana ya? Apakah setiap bulan berbeda? Bisakah kasih contohnya dok? Terimakasih
18:14 02/04/2021
Intan Agustina Anggraeni, S.Gz, M.P.H ahligizi
Halo kak terimakasih sudah menghubungi Dieteducate. Pemberian MPASI (6-24 bulan) memperhatikan 5 faktor yaitu usia, frekuensi, jumlah, tekstur, dan variasi. Jadi setiap tahapan usia berbeda frekuensi, jumlah dan teksturnya. Sedangkan variasi untuk semua usia harus lengkap terdiri dari makanan pokok, protein nabati & hewani, sayur buah, serta lemak/minyak. Misalnya untuk usia 6 bulan frekuensinya 2-3x makan ditambah ASI, jumlahnya 2-3 sendok makan, teksturnya bubur kental. Usia 6-9 bulan frekuensinya 2-3x makan ditambah 2x makanan selingan, jumlah setiap kali makan setengah mangkok berukuran 250 ml, teksrurnya bubur kental/makanan lumat. Usia 9-12 bulan frekuensinya 3-4x makan ditambah 1-2x selingan, jumlah setiap kali makan 1/2 - 3/4 mangkok ukuran 250 ml, teksturnya makanan keluarga yang dicincang. Usia 12-24 bulan, frekuensinya 3-4x makan ditambah 2x selingan, jumlah setiap kali makan 3/4 - 1 mangkok ukuran 250 ml, teksturnya makanan keluarga yang diiris-iris. ASI tetap diberikan sesuai permintaan bayi. Demikian kak semoga dapat membantu dan bermanfaat untuk tumbuh kembang ananda. Salam sehat.
20:13 02/04/2021
anonim
ASI nya tidak keluar sama sekali kak. Jadi, apakah itu bisa diganti sufor ya kak? Terimakasih sebelumnya 🙏
21:27 02/04/2021
Jika anak kurang dari 24 bulan tidak mendapatkan ASI maka frekuensi makannya bisa ditambahkan 1-2 kali makanan ekstra/selingan. Variasinya bisa ditambahkan susu 1-2 gelas per hari. Akan lebih baik lagi jika diupayakan untuk relaktasi (menyusui kembali). Semoga membantu ya kak. Terimakasih.
14:07 03/04/2021