[Gizi Olahraga & Kebugaran]
anonim
Asupan makanan yg meningkatkan metabolisme serta olahraga mudah dimana saja terutama karena aktifitas tinggi di pekerjaan waktu kurang utk olahrah
19:35 05/04/2021
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Hallo Kak,,, Terimakasih sudah bertanya di Dietducate: > Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Metabolisme Tubuh: Selain faktor genetik, tingkat pembakaran kalori dari proses metabolisme tubuh juga dipengaruhi oleh beberapa faktor lain, yaitu: 1. Usia > Pertambahan usia membuat jumlah lemak di tubuh bertambah, sementara jumlah otot berkurang. Tidak seperti otot, lemak tidak membakar kalori. Itulah sebabnya, pertambahan usia menyebabkan tingkat pembakaran kalori di dalam tubuh jadi melambat. 2. Jenis kelamin > Dibandingkan wanita, laki-laki umumnya memiliki massa otot yang lebih besar. Semakin besar massa otot, semakin banyak energi yang dibakar saat bergerak. Itulah sebabnya, pembakaran kaloriatau tingkat metabolisme laki-laki lebih tinggi daripada wanita. 3. Ukuran dan komposisi tubuh > Seseorang yang memiliki ukuran tubuh lebih besar dan berotot akan membakar lebih banyak kalori, bahkan ketika sedang ber Hal ini membuat tingkat metabolisme tubuhnya menjadi lebih tinggi. 4. Suhu tubuh > Suhu tubuh normal berkisar antara 36,5–37o Celsius. Pada kisaran suhu tersebut, tubuh akan menjalani proses metabolisme dengan lebih teratur dan stabil. Ketika terpapar suhu udara yang terlalu dingin, tubuh akan meningkatkan metabolisme untuk menghasilkan panas. Salah satu caranya adalah dengan refleks menggigil, di mana otot-otot bergerak dengan cepat untuk membakar energi dan menghasilkan panas. 5. Aktivitas fisik dan olahraga > Berolahraga atau melakukan aktivitas fisik sehari-hari, seperti bermain dengan anak, berjalan kaki sambil mengajak jalan hewan peliharaan, bebersih rumah, atau naik-turun tangga, akan membuat tubuh membakar lebih banyak kalori. Semakin banyak aktivitas yang Anda lakukan, semakin banyak kalori yang dibakar dan semakin tinggi pula tingkat metabolisme tubuh Anda. Berikut ini adalah beberapa cara meningkatkan metabolisme tubuh yang bisa Anda lakukan agar tubuh Anda membakar lebih banyak kalori: 1. Tidur yang cukup: Kurang tidur dapat mengurangi jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh, meningkatkan hormon stres yang bisa meningkatkan penimbunan lemak, serta memicu rasa lapar. Inilah alasan mengapa orang yang kurang tidur mudah merasa lapar dan sulit menurunkan berat badan. 2. Sering bergerak dan rutin olahraga: Kebiasaan jarang bergerak atau kurang olahraga bisa menyebabkan metabolisme melambat. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk rajin berolahraga dan aktif bergerak agar metabolisme tubuh meningkat sehingga tubuh dapat membakar lebih banyak kalori. Jenis olahraga yang dapat membuat tubuh Anda aktif bergerak adalah olahraga kardio, seperti lari atau senam aerobik. Anda juga bisa melakukan olahraga dalam bentuk permainan, seperti basket, voli, atau bulu tangkis, agar lebih menyenangkan. 3. Lakukan latihan angkat beban: Latihan kekuatan atau angkat beban merupakan salah satu bentuk olahraga yang juga baik untuk meningkatkan metabolisme. Latihan kekuatan dengan mengangkat beban tidak hanya membakar kalori, tetapi juga membantu pembentukan jaringan otot. Semakin banyak atau semakin besar massa otot, tingkat metabolisme tubuh juga akan semakin tinggi. 4. Konsumsi minyak sehat: Konsumsi makanan berminyak yang mengandung banyak lemak jenuh dan kolesterol dapat menyebabkan penumpukan lemak dalam tubuh, sehingga berat badan akan naik dan sulit untuk turun. Namun, bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsi lemak sama sekali. Anda tetap perlu mengonsumsi lemak karena lemak dibutuhkan oleh tubuh, tetapi pilihlah jenis lemak yang sehat. Beberapa studi juga menyebutkan bahwa konsumsi makanan yang mengandung lemak sehat bisa menghalau rasa lapar lebih lama, sehingga bisa membantu menurunkan berat badan. Tak hanya itu, konsumsi lemak yang sehat juga dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular dan diabetes. 5. Perbanyak asupan protein: Tubuh membutuhkan lebih banyak energi untuk mengolah protein menjadi asam amino sehingga bisa diserap oleh tubuh. Inilah alasan mengapa memperbanyak asupan protein dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lebih banyak kalori. Selain itu, makanan tinggi protein juga membuat tubuh merasa kenyang lebih lama dan menekan nafsu makan, sehingga bisa membantu Anda menjaga berat badan. 6. Perbanyak minum air putih: Salah satu cara meningkatkan metabolisme tubuh yang cukup sederhana adalah dengan minum air putih. Beberapa studi menyebutkan bahwa minum cukup air putih, terutama air dingin, dapat membuat tubuh membakar lebih banyak kalori. Minum air putih sebelum makan juga akan membuat tubuh lebih cepat kenyang, sehingga Anda lebih mudah untuk mengontrol porsi makan. Meski demikian, manfaat air putih untuk meningkatkan metabolisme dan menurunkan berat badan masih perlu diteliti lebih lanjut. Semoga membantu 🙂
06:09 07/04/2021