[Bayi & Balita]
Cindhy Pratiwi
Berapa usia anak yang aman untuk mengonsumsi es krim? Jika saya membuat es krim biskuit cocok untuk anak usia berapa?
16:15 06/04/2021
Hallo Kak Cindhy,,, Terimakasih sudah bertanya di Dietducate:
Bayi yang sudah berusia lebih dari 12 bulan sesungguhnya sudah relatif aman mengkonsumsi makanan yang bisa dikonsumsi orang dewasa, termasuk juga es krim. Namun, ada beberapa kondisi dimana Anda perlu lebih waspada sebelum memberikan es krim pada bayi, di antaranya yakni:
Bayi yang memiliki gejala alergi, malabsorpsi, atau intoleransi setelah mengkonsumsi komponen dalam es krim, contohnya susu, pemanis buatan, pewarna makanan, dan sebagainya
Bayi yang memiliki hipersensitifitas terhadap dingin
Bayi yang sedang mengalami pilek, batuk berdahak
Apabila bayi Anda tidak memiliki salah satu atau lebih kondisi di atas, maka konsumsi es krim tidaklah dilarang. Namun tetap saja, sebaiknya Anda tidak berlebihan memberikan es krim pada bayi. Dikhawatirkan, kadar kalori yang tinggi pada es krim berisiko membuat bayi Anda mengalami obesitas, diabetes, serta gangguan metabolik lainnya. Hindari juga memberikan es krim yang tidak diolah dengan higienis pada anak untuk menghindarkannya dari infeksi saluran pencernaan. Akan jauh lebih aman bila Anda membuat sendiri es krim tersebut ketimbang membelinya secara instan. Tidak lupa, awasi selalu bayi Anda saat mengkonsumsi es krim agar tidak ada substansi berbahaya yang tertelan baik dengan sengaja ataupun tidak sengaja, contohnya batang atau pembungkusnya.
Semoga membantu 🙂
08:21 07/04/2021