[Diet Diabetes Mellitus]
Afra
Kenapa penderita dm tidak boleh minum madu
13:23 10/04/2021
Hallo Kak Afra,,, Terimakasih sdh bertanya di Dietducate:
Pada dasarnya, madu juga mengandung gula, ditambah dengan vitamin, mineral, dan kandungan air. Beberapa sumber menyebutkan bahwa madu memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada gula putih. Hal ini berarti lonjakan peningkatan gula darah setelah mengkonsumsi madu lebih rendah daripada mengkonsumsi gula putih. Keuntungan madu lainnya adalah, dalam jumlah kecil madu dapat menghasilkan rasa yang manis, sehingga penggunaannya tidak perlu terlalu banyak. Hal ini dapat meminimalkan risiko lonjakan gula darah.
Sehingga, bila dibandingkan dengan gula putih, madu relatif lebih aman terhadap peningkatan gula darah pada pasien DM.
Namun, demikian madu tetaplah dapat meningkatkan kadar gula darah sehingga penggunaan pada pasien DM tetap harus berhati-hati. Takaran konsumsi madu tetap harus disesuaikan dengan berat atau ringannya penyakit DM yang diderita.
Semoga membantu 🙂
09:48 11/04/2021