[Diet Maag (Gastritis)]
Fatmawaty Patilima
mengapa habis makan perut sakit melilit?
19:27 14/04/2021
Fatmawaty Patilima
sakit
19:32 14/04/2021
Hallo Kak Fatmawaty,,, Terimkasih sdh bertanya di Dietducate:
_Banyak kondisi dan penyakit yang dapat menyebabkan sakit perut melilit. Penyakit-penyakit dan masalah pada organ-organ saluran cerna seperti usus, hati, pankreas, kantung empedu dan lambung dapat menjadi sumber dari sakit perut melilit. Beberapa penyebab yang dapat menyebabkan perut terasa seperti melilit antara lain infeksi, keracunan makanan, hingga gangguan pencernaan.
_Cara Meredakan Perut Melilit
Beberapa tindakan di bawah ini juga bisa membantu meredakan sakit perut melilit:
Kurangi atau hindari kegiatan yang bisa menumpuk udara berlebih di perut, seperti merokok, makan terlalu cepat, mengunyah permen karet, dan mengonsumsi minuman bersoda.
Hentikan mengonsumsi makanan pemicu terjadinya sakit perut melilit.
Makanlah dengan porsi wajar dan tidak makan berlebihan.
Jangan berbaring setidaknya hingga dua jam setelah makan.
Cukupi kebutuhan istirahat tubuh.
Gunakan bantal penghangat atau botol yang diisi air hangat dan letakkan di atas perut yang sakit untuk meredakan rasa sakitnya.
Meski dianggap bukan sebagai kondisi serius, penderita sakit perut melilit tetap disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter. Terutama jika terjadi secara berkepanjangan meski sudah melakukan langkah-langkah penanganan.
Semoga membantu 🙂
06:30 16/04/2021