[Gizi Olahraga & Kebugaran]
Sintha Kiki O
Makanan apa saja yang perlu dikonsumsi untuk melancarkan BAB? Tapi saya tidak suka makan sayur"an
12:16 16/04/2021
Hallo Kak Shinta,,, Terimakasih sdh bertanya di Dietducate:
_Beberapa jenis makanan kaya serat yang bisa Anda konsumsi sebagai cara melancarkan BAB secara alami, antara lain:
_Buah-buahan
Banyak buah-buahan yang mengandung tinggi serat, di antaranya yaitu buah apel yang sangat baik dikonsumsi saat mengalami konstipasi.
_Sayur-sayuran
Sayur bayam memiliki kandungan serat yang tinggi. Satu cangkir bayam mengandung 4 gram serat. Tidak hanya itu, bayam juga merupakan sumber magnesium yang sangat baik.Brokoli juga merupakan salah satu pilihan sayur terbaik untuk melancarkan BAB. Sekitar ½ cangkir brokoli mengandung 2,8 gram serat dan vitamin C. Anda bisa menyajikan brokoli pada waktu makan atau sebagai camilan dengan saus rendah lemak
._Kacang-kacangan
Salah satu manfaat kacang adalah kandungan serat yang cukup tinggi. Satu cangkir kacang terhitung memiliki 10 gram serat, terdiri dari serat larut dan serat tidak larut yang mendukung gerakan usus menjadi lancar. Salah satu jenis yang dapat Anda pilih adalah kacang merah yang dimasak atau sebagai tambahan dalam sup atau salad. Selain itu, kacang almond juga bisa dijadikan pilihan. Sekitar 28 gram almond dapat memasok 3,5 gram serat bagi tubuh._
Biji-bijian utuh Misalnya, sereal atau roti yang terbuat dari dedak atau biji-bijian utuh, serta beras merah. Jenis makanan tersebut tinggi serat dan karbohidrat kompleks, sekaligus rendah lemak. Pastikan mengecek label kemasan sebelum membeli.
Semoga membantu 🙂
08:09 21/04/2021