[Masalah Berat Badan]
anonim
Halo Saya termasuk obesitas. Umur 24, BB 100, TB 166. Saya ingin menurunkan berat badan hingga BB normal. Apa diet yang tepat ya?
17:08 16/04/2021
Aghniya Nailah Rifdah, S.Gz ahligizi
Halo kak, terima kasih sudah bertanya di Dietducate 😊
Untuk mengatasi obesitas, kakak bisa mengadopsi diet rendah energi dengan gizi seimbang yang mengandung seluruh komponen zat gizi yakni karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, air, serat pangan :
- Karbohidrat utamakan jenis karbohidrat kompleks seperti nasi, ubi, singkong, kentang, jagung, talas, dll.
- Lemak utamakan lemak tidak jenuh seperti minyak zaitun, minyak canola, minyak biji matahari, buah alpukat.
- Protein utamakan yang rendah lemak seperti daging rendah lemak, ikan dan ayam tanpa kulit, susu rendah lemak, tahu, tempe yang diolah dengan tanpa atau sedikit minyak.
- Perbanyak konsumsi sayur dan buah sebagai sumber vitamin, mineral, serat pangan.
- Cukupi kebutuhan cairan sekitar 8 gls/hari. Tipsnya, sebelum makan bisa minum air dulu agar nafsu makan terkendali.
Tips lainnya,
1. Porsi sekali makan mengikuti Piring Model T, yakni :
1/2 piring berisi sayur dan buah
1/4 piring berisi sumber karbohidrat
1/4 piring lainnya berisi sumber protein.
Untuk visual piring model T bisa kakak lihat di google ya.
2. Batasi mengonsumsi makanan yang digoreng. Utamakan makanan yang diolah dengan cara dikukus, direbus, dipepes, diungkep, dipanggang, atau ditumis.
3. Hindari makanan dan minuman manis, makanan asin dan berlemak. Anjuran konsumsi gula, garam, lemak :
-Gula 50 gram/orang/hari, setara dengan 4 sdm/orang/hari.
-Garam 5 gram/orang/hari, setara dengan 1 sdt/orang/hari.
-Lemak 67 gram/orang/hari, setara dengan 5 sdm/orang/hari.
4. Imbangi dengan aktivitas fisik dan latihan fisik yang terukur dan teratur.
5. Jangan lupa istirahat yang cukup.
6. Hindari stress berlebihan.
Demikian kak, semoga membantu 😊
12:32 17/04/2021